Gol Kontroversi Jepang, Jerman Pulang Kampung

PROSES gol kontroversial Jepang saat laga lawan Spanyol, Jumat dini hari WIB, 2/12/2022 | ist

FORUM KEADILAN – Gol ke dua Jepang ke gawang Spanyol memicu kontroversi. Gol itu dicetak Ao Tanaka dalam lanjutan Piala Dunia 2022 Grup E di Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Jumat dini hari WIB, 2/12.

Proses gol Tanaka pada menit  ke 51 bermula dari situasi serangan balik. Ritsu Doan mengirim bola mendatar dari sisi kiri gawang Spanyol menuju tengah. Kaoru Mitoma mengejarnya, lalu mengirim umpan ke depan gawang. Ao Tanaka menyambarnya dan sukses mengoversi menjadi gol.

Bacaan Lainnya

Sebelum disepak Mitoma bola tampak sudah melewati garis alias keluar. Wasit Victor Gomes sempat lama meninjau VAR. Hasilnya, wasit tetap mengesahkan gol Tanaka.

Dilansir dari Mirror, FIFA telah memberi penjelasan terkait keputusan pengesahan gol tersebut. Padahal, tayangan ulang menunjukkan bola sepertinya sudah keluar ketika disepak Mitoma sebelum jadi gol.

Dari beberapa sudut kamera tampak ada kelengkungan bola yang belum sepenuhnya melewati garis. Hanya saja dari tayangan ulang di TV, terlihat bolanya seperti sudah keluar lapangan.

Dengan gol itu, Jepang menang 2-1 atas Spanyol. Sebelumnya Alvaro Morata sempat membawa Spanyol unggul lebih dulu pada menit ke-11. Wajib menang agar lolos ke fase gubur, Jepang kemudian bangkit pada babak kedua. Tim Samurai  membalikkan keadaan lewat dua gol dalam tempo cepat, yang masing-masing dicetak Ritsu Doan (’48) dan Ao Tanaka (51′).

Dari hasil itu, Jepang lolos ke 16 besar sebagai juara grup E dengan poin enam. Meski kalah, Spanyol juga lolos sebagai runner up Grup E dengan poin empat.

Di lain pihak Jerman tersingkir dan harus pulang lebih cepat. Meski mengalahkan Kosta Rika 4-2 pada laga pamungkas grup sehingga juga punya poin empat, raksasa Eropa tersebut hanya menempati peringkat tiga Grup E karena kalah selisih gol dari Spanyol.*