Juru Kunci Klasemen, Jerman Tentukan Nasib di Laga Terakhir

Jeman Juru Kunci
GELANDANG Jerman, Jamal Musiala menjaga bola dari rebutan gelandang Spanyol, Rodri pada laga Grup E Piala Dunia 2022, Senin dini hari WIB, 28/11/2022 | AP Photo/Julio Cortez

FORUM KEADILAN – Juara Dunia empat kali Jerman terjerembab ke dasar klasemen Grup E Piala Dunia 2022 di Qatar. Tim Panser hanya meraih satu poin dalam laga ke dua fase grup setelah ditahan imbang 1-1 oleh tim kuat lainnya, Spanyol.

Meski demikian, satu poin tersebut cukup penting bagi Jerman untuk menjaga harapan tetap lolos ke fase 16 besar.

Bacaan Lainnya

Laga Jerman kontra Spanyol digelar di Al Bayt Stadium, Al Khor, Senin dini hari WIB, 28/11/2022.

Spanyol unggul lebih dulu lewat gol Alvaro Morata pada menit ke-63. Sementara Jerman lolos dari kekalahan berkat gol Niclas Fullkrug pada menit ke-83.

Hasil ini membuat persaingan di Grup E menjadi sengit. Ke empat tim yakni Spanyol, Jepang, Kosta Rika, dan Jerman semuanya masih berpeluang lolos ke babak 16 besar. Siapa yang bakal melaju ke fase gugur ditentukan dalam pertandingan terakhir.

Spanyol sementara masih berada di puncak klasemen dengan empat poin. Mereka hanya unggul satu poin dari Jepang dan Kosta Rika yang berada di posisi ke dua dan ke tiga.

Kosta Rika yang kalah pada laga pertama dari Spanyol, menjaga asa melaju ke fase knock out setelah sukses mengalahkan Jepang 1-0. Dalam pertandingan di Ahmad bin Ali Stadium, Al Rayyan, gol semata wayang Kosta Rika dicetak Keysher Fuller.

 

Sebaliknya, hasil negatif tersebut menahan laju Jepang memastikan lebih awal satu tiket ke babak gugur. Padahal pada laga perdana, Tim Samurai tampil gemilang dengan menggebuk Jerman 2-1.

Laga terakhir bakal menjadi penentu nasib ke empat negara penghuni Grup E. Spanyol bakal bersobok Jepang, sedangkan Jerman mengadu nasib dengan Kosta Rika.*

Klasemen Grup E Piala Dunia 2022 (2 kali main)

  • Spanyol 4
  • Jepang 3
  • Kosta Rika 3
  • Jerman 1