PDN Diserang Hacker, Layanan Publik Jadi Prioritas Pemulihan

FORUM KEADILAN – Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo Usman Kansong mengungkapkan, Kementerian dan Lembaga memprioritaskan pemulihan layanan publik usai penyerangan ransomware beberapa waktu lalu.
“Kita mengutamakan pemulihan jumlahnya tenant Kementerian atau Lembaga yang punya data jumlahnya di PDNS ada 44 tenant,” katanya dalam Konferensi Pers bersama BSSN dan Telkom Indonesia di Kominfo, Jakarta Pusat, Rabu, 26/6/2024.
Sejauh ini, Usman mengatakan, sudah ada lima tenant yang pulih usai serangan hacker.
“Pertama imigrasi kemenkumham, LKPP layanan sikap, Kemenko Marves layanan perizinan event, Kemenag layanan Si Halal, Kota Kediri, dan ASN digital,” tuturnya.
Usman berharap pemulihan layanan publik dari Kementerian dan Lembaga bisa bertambah setiap harinya nanti.
“Akhir bulan ini (target) 18 an bisa recovery (pulih), tentu kami Kominfo, Telkom, BSSN dan instansi terkait terus berupaya melakukan pemulihan secara cepat agar pelayan publik dan akses publik ke K/L tidak terganggu,” pungkasnya.
Sebelumnya, Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) Surabaya mengalami serangan ransomware pekan lalu.
Akibat serangan ini beberapa layanan publik terganggu, salah satunya layanan keimigrasian. *
Laporan Novia Suhari