Anies Terima Dukungan PKB Jakarta Maju Pilgub DKI 2024

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Muara Baru, Jakarta Utara, Minggu, 19/5/2024. | Instagram @aniesbaswedan
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Muara Baru, Jakarta Utara, Minggu, 19/5/2024. | Instagram @aniesbaswedan

FORUM KEADILANAnies Baswedan mengumumkan bahwa dirinya menerima amanah yang diterimanya dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DKI Jakarta untuk maju sebagai calon gubernur (cagub) DKI Jakarta 2024.

“Kemudian disampaikan Jakarta ke depan. Saya dengan rasa hormat, terima kasih menerima amanah yang diembankan kepada kami,” ucap Anies di Kantor DPW PKB, Jakarta, Kamis, 13/6/2024.

Bacaan Lainnya

Anies menyebutkan bahwa dukungan dari PKB Jakarta adalah amanah yang besar, tetapi bukan sesuatu yang berat dan dirinya berharap perjalanan ini dapat dilalui bersama-sama ke depannya.

Bagi Anies, PKB Jakarta menjadi pertama yang mendobrak untuk memulai perjuangan di Pilkada DKI Jakarta.

“Mudah-mudahan akan banyak lagi yang bergabung bersama. Diperlukan keberanian, keteguhan dan ketulusan dan keikhlasan. Itulah yang menyalakan semangat dari pak Haji Hasbiallah teman-teman pimpinan DKI. Bahwa ini perjuangan,” lanjutnya.

Anies juga menyinggung bahwa selama ini ia sering bekerja sama dengan PKB di Jakarta. Ia mengungkapkan sudah lama bekerja sama dengan Ketua PKB Jakarta Hasbiallah Ilyas sejak di awal menjadi Gubernur hingga selesai menuntaskan amanahnya.

Kemudian, ia juga mengungkapkan sempat bekerja sama dengan Ketum DPP PKB Muhaimin Iskandar selama satu belakangan di Pilpres.

‘PKB kumandangkan azannya, Insyaallah kita berjuang bersama untuk Jakarta yang memberikan kesempatan setara untuk semua,” katanya.

“Bismillah kita berjuang bersama untuk Jakarta,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, PKB membuka opsi menduetkan Anies Baswedan dan Kaesang Pangarep di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024.

Ketua DPW PKB DKI Jakarta Hasbiallah Ilyas mengaku sudah menjalin komunikasi dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), yang mana Kaesang menjabat sebagai ketua umumnya.

“Kita juga bersedia kalau Mas Kaesang memang mau mencalonkan Wakil Gubernur DKI. Kita juga sudah komunikasi dengan PSI. Siapa pun kita terbuka,” ujarnya di kantor DPW PKB DKI Jakarta Pusat, Rabu, 12/6/2024.

Meski begitu, kata Hasbiallah, keputusan memasangkan Anies dan putra bungsu Presiden Joko Widodo itu sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta berada di tangan DPP PKB.

“Mudah-mudahan Anies-Kaesang,” ujarnya.*