Istana Ngaku Tak Tahu Alasan 2 Bos Otorita IKN Mundur Berjamaah

Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia (Mensesneg RI) Pratikno
Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia (Mensesneg RI) Pratikno | ist

FORUM KEADILANBambang Susantono dan Dhony Rahajoe dikabarkan mengundurkan diri dari jabatan sebagai Kepala dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Negara (OIKN) Nusantara dua bulan menjelang rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menggelar upacara peringatan HUT RI ke-79 di IKN secara bersamaan.

Pratikno mengatakan bahwa Keppres tentang Pemberhentian dengan hormat Bambang dan Dhony telah terbit.

Bacaan Lainnya

“Nah pada hari ini telah terbit keputusan presiden tentang pemberhentian dengan hormat Bambang Susantono sebagai kepala Otorita IKN dan juga bapak Dhony Rahajoe sebagai wakil kepala Otorita IKN. Disertai ucapan terimakasih terimakasih atas pengabdian beliau-beliau,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan surat pengunduran diri Bambang dan Dhony tidak ada penjelasan alasan apa yang membuat mereka memilih untuk mengundurkan diri.

“Ya kalau namanya mundur di surat enggak disebutkan, tentu saja kami enggak tahu juga (alasan Bambang-Dhony mengundurkan diri),” ujar Pratikno kepada wartawan.

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengangkat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR RI) Basuki Hadimuljono dan Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni menjadi pelaksana tugas Kepala OIKN dan Wakil Kepala OIKN.

Keputusan tersebut diambil setelah Bambang Susantono-Dhony Rahajoe mundur dari posisi Kepala OIKN dan Wakil Kepala OIKN.

“Presiden mengangkat Menteri PUPR Pak Basuki sebagai Plt Kepala OIKN dan juga mengangkat Wamen ATR sebagai wakil OIKN,” ujarnya, pada Senin, 3/6/2024.*