Kemenkeu Bakal Kirim 292 Pegawai ke IKN dalam 2 Tahap

Sekjen Kemenkeu Heru Pambudi di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin, 27/5/2024. I Novia Suhari/Forum Keadilan
Sekjen Kemenkeu Heru Pambudi di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin, 27/5/2024. I Novia Suhari/Forum Keadilan

FORUM KEADILAN – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bakal mengirim sebanyak 292 nama pegawai dan pejabat untuk pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, dalam waktu dekat.

Menurut Sekjen Kemenkeu Heru Pambudi, salah satu yang akan pindah adalah pejabat setingkatnya.

Bacaan Lainnya

“Siapa yang akan berangkat duluan? Sekretaris Jenderal dan tim sekretariat yang akan berangkat duluan ke IKN,” katanya di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin, 27/5/2024.

Ia mengatakan, jajarannya masih terus berkoordinasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) mengenai pengajuan jumlah pegawai yang akan berpindah ke IKN.

Sementara itu, untuk kloter pindahan ke IKN sendiri akan dibagi dalam dua tahap yakni bulan September dan November.

“September ada 198 pejabat dan pegawai. Komposisinya, pejabat eselon I ada 17 orang, eselon II ada 29 orang, dan 152 orang pelaksana sampai dengan eslon III,” ujarnya.

Kemudian, tahap ke-2  ang akan dilakukan pada bulan November 2024, akan memberangkatkan 4 orang eselon I, 9 orang eselon II, dan 81 orang pelaksana s.d eselon III.

“Jadi kalau total kita telah mengajukan KemenPAN-RB untuk bisa mengirimkan 292 pegawai maupun pejabat,” katanya.

Kedati begitu, ia mengungkapkan pengajuan jumlah pegawai yang akan pindah duluan ke IKN masih bisa berubah, baik naik ataupun turun sesuai dengan sarana prasarana yang tersedia, di IKN. *

Laporan Novia Suhari