Dubes Palestina Tegaskan Indonesia Tetap Dukung Palestina Meski Pemerintahan Berganti

Dubes Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al-Shun menyampaikan keterangan kepada awak media, Jumat, 10/5/2024. I Syahrul Baihaqi/Forum Keadilan
Dubes Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al-Shun menyampaikan keterangan kepada awak media, Jumat, 10/5/2024. I Syahrul Baihaqi/Forum Keadilan

FORUM KEADILAN – Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun menegaskan, kebijakan luar negeri Indonesia untuk mendukung kemerdekaan Palestina tidak akan berubah meskipun pemerintahan berganti.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Zuhair dalam konferensi pers yang dilangsungkan di Kedutaan Besar (Kedubes) Palestina, Jakarta Pusat, Jumat, 10/5/2024.

Bacaan Lainnya

“Tentang hubungan politik Indonesia dan Palestina, saya yakin dan mendengar dari semua orang bahwa tidak ada perubahan kebijakan luar negeri,” ucap Zuhair dalam konferensi pers tersebut.

Zuhair mengatakan, meskipun ada perubahan kepemimpinan di Indonesia dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Prabowo Subianto nantinya, ia percaya bahwa Indonesia selalu berpihak kepada Palestina.

“Saya mendengar dari dia bahwa Indonesia selalu tetap bersama Palestina. Tidak ada perubahan kebijakan. Kamu tahu, ini bukanlah masalah pergantian satu pemimpin ke pemimpin lain,” tambahnya.

Apalagi, kata dia, dukungan terhadap Palestina sudah tertuang dalam Undang-Undang Dasar (UUD 1945), sehingga kebijakan luar negeri Indonesia pun tak akan berubah.

“Jika ada sebuah konstitusi dan ada kepala negara di Indonesia, maka tidak ada perubahan kebijakan. Kamu (Indonesia) tidak bisa berpaling dari hatimu (untuk mendukung Palestina,” pungkasnya.*

Laporan Syahrul Baihaqi