Walkot Medan Bobby Nasution Terima Tanda Kehormatan Satyalancana

Wali Kota (Walkot) Medan, Bobby Nasution diberikan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Praja Nugraha upacara Hari Otonomi Daerah (Otda) XXVIII, di Balai Kota Surabaya, Kamis, 25/4/2024. | Kemendagri RI
Wali Kota (Walkot) Medan, Bobby Nasution diberikan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Praja Nugraha upacara Hari Otonomi Daerah (Otda) XXVIII, di Balai Kota Surabaya, Kamis, 25/4/2024. | Kemendagri RI

FORUM KEADILAN – Wali Kota (Walkot) Medan, Bobby Nasution diberikan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Praja Nugraha kepada Kepala Daerah yang berprestasi yang dilaksanakan dalam upacata peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) XXVIII di Balai Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim).

Penyematan Satyalancana ini dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian yang menggantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Bacaan Lainnya

Bobby menjadi salah satu kepala daerah yang berprestasi berdasarkan hasil evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EPPD) tahun 2022 terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LLPD) tahun 2021.

Diketahui, Mendagri Tito Karnavian, Walkot Solo, Gibran Rakabuming Raka tidak masuk ke dalam daftar kepala daerah yang mendapat penghargaan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha di Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim), Kamis, 25/4/2024.

“Kalau Mas Gibran tidak dapat Satyalancana,” ujar Tito usai mengikuti upacara Hari Otonomi Daerah (Otda) XXVIII, di Balai Kota Surabaya, Kamis, 25/4/2024.

Terdapat sebanyak 14 kepala daerah yang dipanggil untuk menerima Satyalancana Karya Praja Nugraha, dalam rangka upacara Hari Otonomi Daerah dan Gibran tidak dipanggil dalam momen.

“Kalau yang Satyalancana ini ada kriteria tambahan, di situ yang dapat (Gubernur Jatim) Khofifah (Indar Parawansa), (Wali Kota Medan) Bobby (Afif Nasution), dan (Bupati) Banyuwangi juga dapat,” jelasnya.

Ia mengungkapkan bahwa Gibran mendapatkan penghargaan lainnya dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), yaitu dalam bidang kinerja pemerintah daerah (pemda) yang cukup baik.

“Beliau (Gibran) menerima penghargaan dari Kemendagri, kinerja pemerintah yang cukup baik, bersama-sama dengan wali kota, kabupaten (Bupati), dan provinsi (Gubernur),” tuturnya.

Diketahui, sejumlah kepala daerah menerima penghargaan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha.

Mereka adalah, Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir; Bupati Kulon Progo, H. Sutedjo; Bupati Wonogiri, Joko Sutopo. Selanjutnya, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah; Bupati Badung Bali, I Nyoman Giri Prasta; Bupati Hulu Sungai Selatan, Achmad Fikry; Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa; Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa. Terakhir, Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution; Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto; Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi; Wali Kota Serang, Dr. H. Syafrudin, dan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas.*