Prabowo Bahas Penambahan Jumlah Kadet dan Keamanan Indo-Pasifik saat Bertemu Menhan Jepang

Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto mengadakan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Jepang Kihara Minoru di Tokyo, Rabu, 3/4/2024 waktu setempat. | Youtube Kemhan RI
Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto mengadakan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Jepang Kihara Minoru di Tokyo, Rabu, 3/4/2024 waktu setempat. | Youtube Kemhan RI

FORUM KEADILAN – Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto ingin agar jumlah kadet yang bersekolah di Jepang ditambah.

Keinginan tersebut disampaikan oleh Prabowo saat mengadakan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Jepang Kihara Minoru di Tokyo, Rabu, 3/4/2024 waktu setempat.

Bacaan Lainnya

Menurut Prabowo, kadet yang telah bersekolah di Jepang menunjukkan hasil yang baik dari segi kualitas sumber daya manusia (SDM) pertahanan Indonesia.

“Dulu saya bertemu Menhan Jepang dan meminta pengiriman kadet dari Indonesia. Dimulai dengan pengiriman dua orang. Setelah itu, saya meminta lagi jumlah pengiriman kadet Indonesia ke sekolah pertahanan Jepang hingga menjadi empat orang,” ucap Prabowo, dikutip dari siaran pers Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Kamis, 4/4/2024.

“Saat ini saya ke Jepang, berharap ada penambahan jumlah pengiriman kadet Indonesia lebih banyak lagi di masa mendatang,” lanjut Prabowo.

Prabowo dan Minoru membahas kerja sama pertahanan, baik dalam kerangka bilateral dan multilateral. Keduanya juga bertukar pandangan mengenai masalah keamanan regional.

Minoru menyatakan keinginannya terus menjaga dan mewujudkan kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka atas dasar supremasi hukum bersama dengan Indonesia sebagai negara maritim. Lalu, Prabowo juga bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida.

Prabowo juga menyampaikan bahwa Indonesia ingin memperkuat kerja sama di bidang pertahanan dengan Jepang.

“Kedua negara telah membangun hubungan kerja sama yang baik sejauh ini, dan meminta pemerintah Jepang untuk bekerja sama guna mencapai hubungan yang lebih kuat di masa depan dan meningkatkan kolaborasi di bidang pertahanan,” jelas Prabowo.

Kemudian, PM Kishida berharap dapat memperdalam kolaborasi bilateral dengan Indonesia untuk mendorong kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

“Kunjungan ini sangat menggembirakan. Jepang dan Indonesia telah berteman dekat sejak lama. Saya ingin (Jepang dan Indonesia) lebih meningkatkan kerja sama sebagai mitra yang berbagi nilai dan prinsip dasar,” tutur Kishida.

Ketika Kishida menyambut Prabowo ia juga mengucapkan selamat kepada Ketua Umum Partai Gerindra atas kemenangannya pada Pilpres 2024.

“Yang Mulia, saya ucapkan selamat atas keterpilihannya di pemilihan Presiden,” ucap Kishida.