Setelah Penuhi Undangan Xi Jinping, Prabowo Bertolak ke Jepang Temui PM Kishida

Menteri Pertahanan RI dan Presiden terpilih Prabowo Subianto bertemu dengan Menteri Pertahanan Cina Admiral Dong Jun di Beijing, Cina, Selasa, 2/4/2024. | Akun X/Twitter @prabowo
Menteri Pertahanan RI dan Presiden terpilih Prabowo Subianto bertemu dengan Menteri Pertahanan Cina Admiral Dong Jun di Beijing, Cina, Selasa, 2/4/2024. | Akun X/Twitter @prabowo

FORUM KEADILAN – Menteri Pertahanan RI dan Presiden terpilih Prabowo Subianto pergi ke Jepang, setelah memenuhi undangan Xi Jinping ke Cina ditutup dengan bertemu dengan Menteri Pertahanan Cina Admiral Dong Jun di Beijing, Cina, Selasa, 2/4/2024.

Di pertemuannya dengan Dong Jun, Prabowo menyampaikan bahwa Indonesia bersedia memperkuat kerja sama pertahanan dengan Cina.

Bacaan Lainnya

“Indonesia bersedia untuk lebih memperkuat kerja sama pertahanan dengan pihak China dan terus mempromosikan perkembangan hubungan antara angkatan bersenjata kedua negara,” kata Prabowo, dikutip siaran pers Kemenhan, Rabu, 3/4/2024.

Kemudian, Dong Jun mengatakan militer Cina bersedia bekerja sama dengan militer Indonesia untuk mengkonsolidasikan kepercayaan strategis mereka dan mempromosikan latihan dan pelatihan bersama.

Cina bersedia untuk meningkatkan pertukaran personel untuk membawa kerja sama praktis mereka ke tingkat yang baru. Setelah bertemu dengan Dong Jun, Prabowo berangkat ke Jepang dan tiba di Bandar Udara (Bandara) Haneda, Tokyo, Jepang, Selasa malam waktu setempat.

Kedatangan Prabowo disambut oleh KBRI Tokyo yakni Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia H.E. Mr. Masaki Yasushi.

Rencanannya, Prabowo akan bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Jepang H.E. Kishida Fumio, Menteri Pertahanan Jepang H.E Kihara Minoru, dan Eks PM ke-991 Jepang/Presiden Japan-Indonesia Society Yasuo Fukuda pada hari ini, Rabu, 3/4/2024.*