Komisi II DPR Tunda Rapat Evaluasi Pemilu Lanjutan Bareng KPU hingga Mei

Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia
Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia | Golkar

FORUM KEADILAN – Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia mengungkapkan bahwa rapat evaluasi soal penyelenggaran Pemilu 2024 yang seharusnya digelar bersama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Bawaslu, DKPP, hingga Mendagri pada Senin, 1/4/2024, ditunda.

Hal ini dikarenakan tidak ada satupun komisioner KPU yang dapat hadir di rapat evaluasi Pemilu 2024.

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan bahwa KPU memberikan surat izin agar rapat pada Senin, 1/4 untuk ditunda, tetapi, Doli sempat meminta agar perwakilan KPU dapat hadir, walaupun mereka paham bahwa saat ini KPU sedang berada di MK untuk menghadiri sidang gugatan Pilpres 2024.

Doli mengaku menyayangkan adanya anggota KPU yang tidak hadir rapat di DPR bukan karena menghadiri sidang MK, tetapi dikarenakan pergi umroh.

“Kita lihat sampai saat ini teman-teman KPU RI belum hadir. Dan memang mereka layangkan surat minta izin, dan minta ditunda karena memang harus hadiri rapat di MK,” ucap Doli di ruang rapat Komisi II DPR, Senayan, Jakarta, Senin, 1/4/2024.

“Dan saya menyampaikan kepada sekretariat kita tetap minta agar mereka hadir setidaknya ada yang wakili. Ketua Bawaslu bisa hadir. Apalagi salah satu anggota KPU ada yang nggak hadir di MK, pergi umroh,” lanjutnya.

Kemudian, Dolly akhirnya memutuskan untuk menunda rapat evaluasi Pemilu 2024 akibat KPU tak dapat hadir hingga bulan Mei 2024 dikarenakan DPR akan memasuki masa reses sebentar lagi.

“Besok tanggal 4 sudah kita masuki penutupan masa sidang. Masuk lagi 13 Mei, 14 Mei. Nah sementara alasan teman-teman KPU tidak hadir itu karena masih ikuti proses sidang di MK. Kalau kita tunda besok atau lusa mungkin bisa jadi KPU-nya datang, Bawaslu-nya nggak bisa datang,” jelasnya.

Ia menyadari situasi penundaan rapat evaluasi bukanlah hal yang mudah, karena dirinya sadar banyak anggota DPR yang ingin mendengar penjelasan lebih lanjut mengenai penyelenggaraan Pemilu 2024.

Sejumlah anggota DPR pun telah menyiapkan catatan evaluasi bagi Ketua KPU Hasyim Asy’ari. Tetapi, pada akhirnya Doli tetap menunda rapat evaluasi Pemilu 2024 hingga Mei 2024 nanti.

“Makanya tadi kita putuskan kita skors lagi nanti. Karena ini kan tinggal 2 hari lagi masa sidang ini nanti tanggal berikutnya tanggal 13 Mei. Tadi kita jadwalkan kalau tidak ada perubahan 13 Mei itu di kesempatan pertama 13 atau 14 Mei-nya kita akan langsung gelar rapat lagi gitu,” pungkasnya.*