Tips Menjaga Kesehatan Mental di Lingkungan Kerja: Bebas Stres, Hilang Konsentrasi

Ilustrasi Stress di Lingkungan Kerja | Ist
Ilustrasi Stress di Lingkungan Kerja | Ist

FORUM KEADILAN – Bekerja menjadi bagian utama dari kehidupan sehari-hari. Bekerja merupakan tempat seseorang menghabiskan sebagian besar waktunya, menghasilkan uang, dan menjalin relasi.

Oleh karena itu, penting untuk melindungi kesehatan mental diri sendiri di tempat kerja. Dengan pengelolaan yang tepat, mendukung kesehatan mental diri sendiri dapat meningkatkan produktivitas.

Bacaan Lainnya

Yuk, simak beberapa tips menjaga kesehatan mental di tempat kerja agar lebih produktif.

1. Terapkan Pola Hidup Sehat

Menerapkan pola hidup sehat tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga baik untuk kesehatan mental.

Mengonsumsi makanan bergizi juga dapat membuat mood kerja menjadi lebih baik. Jangan menunda makan hanya saat bekerja. Selain itu, mencoba berolahraga secara teratur.

Di tengah jam kerja, cobalah berolahraga dengan melakukan peregangan atau jalan kaki selama 10-15 menit. Cara ini juga bisa membantu menghilangkan rasa ngantuk saat bekerja.

2. Mengelola Stres di Lingkungan Kerja

Banyaknya tekanan pekerjaan dapat menyebabkan seseorang mengalami stres. Ketika hal itu dirasakan, maka diri sendiri yang perlu mengelola nya dengan maksimal.

Adapun cara sederhana yang bisa dilakukan, seperti memberi jeda saat pikiran sudah tidak stabil, keluar dari ruang kerja saat jam makan, dan berjalan santai di luar ruangan.

3. Melatih Berpikir Positif

Pikiran negatif dapat muncul saat dihadapkan pada suatu masalah. Cara yang tepat untuk mengatasinya dengan

mulai berlatih berpikir positif. Dengan pikiran positif, dapat mengatasi stres dan meningkatkan stamina. Pemikiran positif juga tidak sepenuhnya menghilangkan pemikiran negatif. Berpikir bahwa hal negatif masih akan terjadi dapat membuat diri sendiri lebih siap menghadapinya.

4. Membangun Relasi dengan Baik

Membangun hubungan dengan orang lain juga membantu menjaga kesehatan mental di lingkungan kerja. Terkadang rekan kerja atau bos secara mental bukanlah orang yang tepat. Namun tidak perlu khawatir, karena kantor tersebut memiliki staf dari divisi lain yang dapat kamu ajak mengobrol. Cobalah untuk memulai percakapan santai dengan mereka.

Atur Hidup dan Pekerjaan

Yang paling penting adalah menjadikan pekerjaan dan kehidupan pribadi sebagai dua hal yang berbeda. Tetap bertanggung jawab dengan tugas kantor. Namun, kamu juga harus menjalani kehidupan lain. Tetapkan luangkan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan kantor. Setelah itu, simpan semua pekerjaan. Kemudian habiskan waktu bersama keluarga atau teman.*