Jokowi Tak Akan Kampanye, Ganjar: Demokrasi Bisa Kembali ke Jalan yang Benar

Ganjar Pranowo menyampaikan visi-misinya di Debat Kelima Pilpres 2024 di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Minggu 4/2/2024. | Youtube KPU RI
Ganjar Pranowo menyampaikan visi-misinya di Debat Kelima Pilpres 2024 di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Minggu 4/2/2024. | Youtube KPU RI

FORUM KEADILAN – Calon presiden (capres) Ganjar Pranowo mengaku menghormati keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tak akan kampanye di Pilpres 2024.

Menurutnya, demokrasi akan kembali pada jalan yang benar.

Bacaan Lainnya

“Kalau itu bisa dilakukan, saya respek betul karena demokrasi kemudian akan bisa kembali pada track yang sudah betul,” kata Ganjar dalam lanjutan safarinya di Magelang, Jawa Tengah, Rabu 7/2/2024.

Namun, Ganjar juga menyinggung pernyataan Jokowi muncul setelah kritikan dari sejumlah perguruan tinggi terhadap proses pemilu.

“Setelah ada banyak catatan dari tokoh agama, tokoh masyarakat, kampus, yang memberikan cacatan pada proses demokrasi kita, dan kalau ada sikap itu tentu sangat-sangat respek, sangat hormat, dan kampanye jauh lebih baik,” ungkapnya.

Mantan Gubernur Jawa Tengah ini mengaku tidak ingin lagi mendengar adanya tekanan dari sejumlah kelompok masyarakat.

“Apalagi kalau kemudian semua kita netral tidak ada perintah-perintah, tidak ada yang merasa saya tidak diperintah, saya netral, tapi faktanya ditelponin, ya jangan,” lanjutnya.

Sebelumnya Presiden Jokowi menegaskan dirinya tidak akan berkampanye meskipun dalam peraturan perundang-undangan dirinya boleh turun ke lapangan.

“Jika pertanyaan apakah saya akan kampanye, saya jawab, tidak. Saya tidak akan berkampanye,” kata Jokowi dalam keterangannya, Rabu 7/2.*