4 Cara Mudah Memulai Hidup Minimalis

Ilustrasi hidup minimalis
Ilustrasi hidup minimalis | ist

FORUM KEADILAN – Hidup minimalis ialah gaya hidup yang mengedepankan kesederhanaan, mengurangi hal-hal yang tidak perlu dan fokus pada hal yang benar-benar penting.

Setiap orang memiliki prinsip minimalisnya sendiri, sesuai dengan kebutuhan dan nilai-nilai pribadi. Namun, dengan menerapkan hidup minimalis, secara tidak langsung membuat Anda menghemat uang dan lebih bijak dapat pengelolaan finansial.

Bacaan Lainnya

Selain itu, hidup minimalis dapat mengurangi stress dan kecemasan karena Anda tidak terlalu terpaku pada keinginan untuk memiliki lebih banyak barang atau mencapai standar tertentu.

Jika Anda ingin memulai hidup minimalis, Anda dapat memulai empat cara mudah berikut ini

1. Melakukan Decluttering

Langkah awal untuk memulai hidup minimalis adalah melakukan decluttering atau membersihkan barang-barang yang tidak perlu.

Bagi Anda yang baru memulai hidup minimalis mungkin akan merasa langkah ini cukup melelahkan, karena Anda harus melakukan pertimbangkan apakah barang ini memberikan nilai dalam hidup Anda atau tidak?

Anda dapat memulai dari mengkategorikan barang-barang, seperti pakaian, buku, dan lainnya. Lalu tanyakan kepada diri Anda, apakah barang ini masih dibutuhkan atau tidak.

Tentukan barang mana yang ingin Anda pertahankan, sumbangkan, atau dibuang.

2. Pilih Pakaian dengan Warna Netral

Pakaian dengan warna netral, seperti putih, hitam, abu-abu, dan coklat dapat lebih mudah dikombinasikan satu sama lain.

Pakaian dengan warna netral dianggap memiliki gaya yang lebih tahan lama dan klasik. Ini membantu Anda mengurangi kebutuhan untuk selalu mengikuti trend mode yang berubah-ubah.

Pemilihan warna netral juga lebih mengedepankan fungsionalitas pakaian dibandingkan aspek estetika yang berlebihan. Hal ini tentunya sejalan dengan prinsip hidup minimalis.

3. Beli Skincare Secukupnya

Selain menghemat biaya, membeli skincare secukupnya membuat Anda dapat memilih produk dengan kualitas yang baik.

Anda lebih fokus pada produk skincare yang sesuai dengan jenis dan masalah kulit yang dialami, sehingga memberikan perawatan yang lebih cermat pada kulit Anda.

4. Fokus pada Kualitas daripada Kuantitas

Sebelum membeli produk, pastikan keputusan Anda mengedepankan kualitas daripada kuantitas.

Memilih barang yang mahal tetapi berkualitas dapat memberikan manfaat jangka panjang dan mengurangi kebutuhan untuk sering mengganti barang.

Perhatikan juga dengan kebutuhan, jangan mudah tergiur dengan barang diskon ya, sobat minimalis!

Hidup minimalis adalah sebuah pilihan bukan suatu keharusan. Semoga dengan empat cara ini dapat membantumu untuk memulai hidup minimalis.

Jangan lupa sesuaikan dengan kebutuhan pokok diri masing-masing, ya*.

Laporan Rini Haryani