Gempa M 5,9, BPBD Lebak Imbau Warga Waspada Potensi Gempa Susulan

ilustrasi gempa | ist

FORUM KEADILAN – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak, Febby Rizky Pratama, mengatakan bahwa warga sempat mengalami panik saat gempa dengan magnitudo (M) 5,9 terjadi, tetapi warga telah kembali beraktivitas seperti biasa setelah gempa.

“Gempa di Bayah pagi ini, warga di sekitar pusat gempa memang sempat panik tapi saat ini situasi warga di sekitar pusat gempa sudah kondusif Warga sudah menjalankan aktivitasnya,” terang Febby, Rabu, 3/1/2024.

Febby menambahkan guncangan gempa terasa cukup kuat di beberapa wilayah kecamatan dan BPBD Lebak mengimbau kepada warga untuk selalu siaga terhadap gempa susulan.

“Guncangan gempa di kecamatan itu (Bayah, Cibeber, Cilograng) memang cukup besar sekitar 4 MMI,” lanjut Febby.

“Sampai saat ini belum ada gempa susulan yang tercatat di kami. Kami juga mengimbau warga untuk tetap siaga dan waspada apabila terjadi gempa susulan,” kata Febby.

Diketahui, gempa bermagnitudo 5,9 ini terjadi di Bayah, Banten. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Dalam postingan akun X BMKG, gempa M5,9 terjadi pada pukul 07.53 WIB, Rabu, 3/1/2023. Pusat gempa berada pada kedalaman 74 km.

Gempa terjadi di 7,57 Lintang Selatan (LS), 106, 14 Bujur Timur (BT). Gempa terjadi di 72 km arah barat daya dari Bayah, Banten.*