Tak Selalu Negatif, Ini 7 Manfaat Bermain Game

Ilustrasi bermain game
Ilustrasi bermain game | ist

FORUM KEADILAN – Tidak semua orang menyadari manfaat positif bermain game, terutama mengingat adanya stigma negatif terkait bermain game berlebihan, baik itu di PC maupun di smartphone.

Sebenarnya, informasi tentang dampak negatif bermain game tidak seluruhnya salah. Namun, perlu diketahui bahwa ada banyak efek positif yang dapat diambil dari aktivitas ini. Berikut adalah tujuh manfaat dari bermain game.

Bacaan Lainnya

1. Menghilangkan stres

Riset di Universitas Saskatchewan telah membuktikan bahwa bermain game bisa mengurangi stress dan meningkatkan kesehatan mental.

Tentu, semuanya tergantung pada jenis atau genre permainan yang Anda mainkan. Beberapa game memang dapat menyebabkan stres, tetapi Anda bisa memilih untuk bermain game yang lebih santai, seperti game kasual, simulation, puzzle, dan role-playing.

Setelah menjalani hari-hari yang melelahkan dengan pekerjaan atau tugas di sekolah, bermain game bukan hanya memberikan hiburan, tetapi juga dapat mengurangi stres dan meningkatkan mood.

2. Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Masalah 

Bermain video game dapat membantu melatih seseorang meningkatkan kemampuan dalam berikir cepat dan mampu menyelesaikan masalah.

Dalam hal ini sering terjadi ketika bermain game strategi, di mana Anda akan ditantang untuk think out of the box, berhati-hati dalam memutuskan sesuatu, mengidentifikasikan masalah, merencanakan strategi yang tepat agar dapat mencapai suatu solusi inovatif yang akan berdampak pada level selanjutnya.

Kemampuan ini juga dapat membantu dalam kehidupan sehari-hari Anda, misalnya di dalam pekerjaan juga aktivitas lainnya.

3. Melatih Kemampuan Bahasa Inggris

Sebagian besar game yang kita mainkan menggunakan bahasa universal, yaitu Bahasa Inggris. Meskipun tidak jarang di beberapa game, Anda dapat mengubah bahasa menjadi Bahasa Indonesia.

Namun, bermain game dengan Bahasa Inggris akan membantu Anda meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris dan memperluas kosakata serta familiaritas dengan istilah-istilah yang mungkin tidak umum.

Selain digunakan untuk menghibur dan meredakan stres, banyak game yang dirancang untuk memberikan pendidikan. Mereka membantu Anda belajar kalimat atau kata-kata sederhana, seperti hangman, scrabble, word search, wordscapes, lingokids, dan banyak lagi.

4. Mendapatkan Pengetahuan Baru

Tidak sedikit game online sekarang memiliki fungsi sebagai media pembelajaran, terutama bagi game yang menggunakan konsep sejarah, budaya, geografi yang menjadi isi dari bagian game tersebut.

Manfaat game edukasi diyakini sangat berguna untuk anak-anak, karena menjadikan model pembelajaran yang baru dan unik.

5. Melatih Sportivitas

Sportivitas ialah sikap dan perilaku yang menunjukkan integritas, kesadaran untuk menghormati peraturan dan etika bermain, serta larangan untuk melakukan tindakan curang.

Memiliki sikap sportivitas saat bermain sangat penting, bukan hanya untuk menghormati aturan permainan, tetapi juga untuk berhubungan dengan lawan dengan sikap yang baik.

Selain itu, sportivitas juga mencakup kemampuan menerima hasil pertandingan, baik itu kemenangan maupun kekalahan, tanpa berlebihan.

Sebab kenyataannya, Anda tidak selalu menang dalam bermain game. Oleh karena itu, penting untuk bersikap sportif dan menerima kekalahan dengan lapang dada.

6. Mengasah Kemampuan Kerja Sama

Banyak game online saat ini dapat dimainkan oleh sejumlah pemain, dan ada berbagai turnamen e-sport yang sangat terkenal. Turnamen tersebut melibatkan jenis permainan seperti RTS (Real-Time Strategy) dan MOBA (Multiplayer Online Battle Arena), yang memerlukan partisipasi dari 2 hingga 8 orang pemain.

Dalam konteks ini, kemampuan dalam bermain game tentu sangat penting. Namun, tidak hanya keterampilan permainan yang diperlukan, tetapi juga kerjasama tim.

Saat bermain game, komunikasi antara sesama pemain sangat penting untuk saling mendukung dan meraih kemenangan.

7. Meningkatkan Kemampuan Membaca

Riset mengungkapkan bahwa bermain game dapat meningkatkan kemampuan membaca, bahkan dapat membantu individu yang mengalami disleksia.

Disleksia adalah gangguan dalam proses belajar yang memengaruhi kemampuan membaca, menulis, dan berbicara.

Peneliti dari University of Saskatchewan menegaskan, bermain game dapat meningkatkan keterampilan perhatian periferal, yang merupakan aspek penting dalam kemampuan membaca.

Bermain video game dapat merangsang konsentrasi, membantu individu untuk melatih dan meningkatkan keterampilan membaca dengan meningkatkan fokus, sehingga memungkinkan mereka membaca lebih cepat dengan akurasi yang lebih baik.*

Laporan Michelle Angella