Diskusi yang Dihadiri Anies Baswedan Dibatalkan Pemprov Jabar, Ini Kronologinya

Anies Baswedan
Anies Baswedan | Ist

FORUM KEADILAN – Acara diskusi yang akan dihadiri oleh bakal calon presiden Anies Baswedan yang sedianya digelar di Gedung Indonesia Menggugat (GIM), Bandung pada Minggu, 8/10/2023 dibatalkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Wakil Sekretaris Dewan Syuro DPP PKB Maman Imanulhaq pun membeberkan kronologinya.

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan bahwa acara tersebut sejatinya sudah mengantongi izin dari Dinas Pariwisata Jawa Barat.

Namun, Pemprov Jabar justru membatalkan penggunaan GIM untuk acara tersebut pada Sabtu, 7/10 malam.

“Salah seorang pegawai Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat menyampaikan secara lisan kepada panitia bahwa acara diskusi harus dibatalkan,” ungkapnya.

Ia mengaku heran terkait dengan pembatalan acara yang bertajuk ‘Demi Ibu Pertiwi: Saatnya Perubahan’.

pihak Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat, Benny Bachtiar, buka suara.

Benny menjelaskan ia sempat mendapat telepon dari Anggota Komisi II Fraksi PKB Yuningsih pada Jumat, 6/10 atau tiga hari sebelum acara.

Yuningsih menanyakan soal penggunaan GIM untuk acara dialog.

“Mengatakan bahwa ‘bisa enggak GIM dipakai?’ ‘Boleh bu, dipakainya untuk apa?’ saya bilang. ‘Untuk dialog, untuk perubahan masa depan Indonesia’ judulnya gitu kurang lebih. Oh boleh, mangga silahkan, tapi enggak ada kegiatan politik ya. Enggak, enggak pak, ini pure diskusi di antara mereka pak, katanya gitu,” ungkap Benny.

Benny membenarkan jika panitia acara melayangkan surat kepada pihaknya untuk penggunaan gedung itu dan tidak ada keterangan jika Anies Baswedan bakal datang ke acara tersebut.

Menurut Benny, panitia melanggar kesepakatan karena memasang baliho Anies Baswedan-Cak Imin dan pihaknya pun memberikan imbauan kepada stafnya agar menurunkan baliho tersebut.*