Cak Imin Janji Naikan Dana Desa hingga Rp5 Miliar Jika Menang Pilpres 2024

Cak Imin usai menjalani pemeriksaan di KPK pada Kamis, 7/9/2023
Cak Imin usai menjalani pemeriksaan di KPK pada Kamis, 7/9/2023 | Merinda Faradianti/forumkeadilan.com

FORUM KEADILAN – Bakal calon wakil presiden (cawapres) dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menjanjikan akan menaikan dana desa hingga Rp5 miliar untuk setiap desa jika berhasil memenangkan Pilpres 2024.

Cak Imin menyatakan tekadnya untuk memperjuangkan peningkatan drastis alokasi dana desa dalam pemerintahan baru jika terpilih.

Bacaan Lainnya

“Kami sudah menghitung dana desa untuk 2023 ini Rp2 miliar per desa cukup. Bisa meningkat drastis Rp5 miliar per desa. Ini target yang ingin diperjuangkan di pemerintahan baru,” kata Cak Imin di Jombang, Jawa Timur, Minggu, 10/9/2023.

Diketahui bahwa Cak Imin akan menjadi pasangan dari bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan dalam Pilpres 2024. Keduanya secara resmi mengumumkan pencalonan mereka sebagai pasangan capres-cawapres pada Sabtu, 2/9, di Hotel Majapahit Surabaya, Jawa Timur.

Majunya Anies-Cak Imin sebagai pasangan capres-cawapres ini mengejutkan publik, karena sebelumnya Cak Imin telah bergabung dalam koalisi pendukung Prabowo Subianto untuk Pilpres 2024.

Sementara itu, Anies sendiri awalnya diusung oleh tiga partai yang tergabung dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), yaitu Partai NasDem, Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Anies awalnya disebut-sebut bahkan telah ‘meminang’ Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono sebagai cawapresnya. Namun, kenyataannya adalah bahwa Anies akan berpasangan dengan Cak Imin.

Akibat keputusan ini, Partai Demokrat kemudian memutuskan untuk mundur dari KPP dan tidak lagi mendukung Anies sebagai calon presiden dalam Pilpres 2024.*