LRT Jabodebek Gangguan, Jokowi: Evaluasi, Jangan Bully Produk Sendiri

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Sodetan Ciliwung di Jakarta Timur, Senin, 31/7/2023
Presiden Joko Widodo | YouTube Sekretariat Presiden

FORUM KEADILAN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara terkait operasional LRT Jabodebek yang sempat mengalami gangguan.

Sang kepala negara pun menyebut akan dilakukan evaluasi terkait dengan kekurangan yang ada.

Bacaan Lainnya

“Ya kan sudah saya sampaikan sejak awal bahwa ini adalah pertama kali kita memiliki LRT tanpa masinis. Semuanya dioperasikan lewat operation control center. Ini dikaji. Jadi saya ulang lagi kalau kita tidak berani menggunakan produk dalam negeri untuk dalam hal ini LRT kapan kita akan mencoba? Kapan kita akan berani memulai?” kata Jokowi di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Banten pada Kamis, 31/8/2023.

Akan dilakukan evaluasi terhadap kekurangan LRT Jabodebek, Jokowi menyebut hal ini akan dilakukan oleh PT Industri Kereta Api (INKA) dan PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Jokowi pun menegaskan jika operasional LRT ini akan membutuhkan proses yang panjang.

“Evaluasi dari INKA, evaluasi dari KAI. Tapi kalau kita nggak berani, dipikir kayak TGV, Shinkansen itu langsung jadi langsung bagus? Itu bertahun-tahun, berpuluh tahun,” ujar Jokowi.

Jokowi meminta agar masyarakat tidak membully produk buatan negeri.

“Jangan membully produk kita sendiri. Siapa lagi yang mau bangga kalau nggak kita sebagai pemakai? Ya ndak? Bahwa kadang ada macetnya ya perbaiki, bahwa ada kekurangan desain, perbaiki. Memang harus seperti itu. Di Jepang apa buat mobil langsung juga bagus seperti sekarang ini? Berpuluh tahun. Shinkansen juga berpuluh tahun. TGV juga sama seperti itu. Saya ngerti karena saya dateng ke mereka mengetahui tahapan-tahapan seperti itu,” ucap Jokowi.

Ia pun menekankan masyarakat harus mulai berani menggunakan produk buatan dalam negeri.

“Kalau kita nggak berani memulai, dan setiap ada kekurangan kita langsung bully, orangnya kan nggak berani mencoba membuat sesuatu. Nggak akan,” kata dia.

Diketahui, operasional LRT Jabodebek diresmikan pada 28 Agustus diwarnai gangguan.

Gangguan ini terjadi pada pintu kereta.

Gangguan lainnya adalah padamnya aliran listrik di Stasiun Halim. Selain itu, LRT Jabodebek sempat mengalami keterlambatan hingga AC sempat mati.*