Alasan Jokowi Kenakan Baju Adat Tanimbar di Sidang Tahunan MPR RI

Jokowi hadir mengenakan baju adat Tanimbar
Jokowi hadir mengenakan baju adat Tanimbar | Ist

FORUM KEADILAN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sidang tahunan MPR RI dan sidang bersama DPD dan DPR RI 2023 di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Rabu, 16/8/2023.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengenakan pakaian adat Tanimbar, Maluku.

Bacaan Lainnya

“Yang saya pakai ini adalah baju adat dari Tanimbar, Provinsi Maluku,” ujar Jokowi di akhir pidato yang ia sampaikan pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2023 di Ruang Rapat Paripurna Gedung Nusantara.

Baju adat pria Tanimbar ini terdiri atas celana panjang dan kemeja panjang.

Kelengkapan ada meliputi umpan, yaitu selembar kain tenun yang dililitkan ke tubuh dan diikatkan di bahu atau pinggang. Pakaian tersebut juga dilengkapi dengan hiasan kepala dari bulu burung, seperti cendrawasih atau kakatua.

Deputi II Kepala Staf Kepresidenan Abetnego Tarigan menyebut pemilihan baju adat Tanimbar ini tak lepas dari kunjungan sang kepala negara ke Provinsi Maluku pada September 2022 lalu.

Saat itu, Jokowi mendapatkan sambutan luar biasa dari masyarakat lantaran ia menjadi presiden kedua yang berkunjung ke Tanimbar setelah presiden pertama Indonesia, Soekarno berkunjung pada 1958 lalu.

Lalu, Abetnego juga menjelaskan filosofi baju adat Tanimbar yaitu berkaitan dengan identitas budaya, spiritualitas dan nilai-nilai masyarakat Tanimbar.

Motifnya juga memiliki makna simbolis yang menggambarkan keseimbangan alam, hubungan antar manusia dan alam serta nilai-nilai sosial dan spiritual.

“Ini bukan sekadar pilihan pakaian, tetapi juga pesan simbolis tentang persatuan, semangat kebangsaan dan pentingnya melestarikan warisan budaya Indonesia,” ujar Abetnego.*

 

Laporan Lulu Farha Chaerani