Perbaikan Jalan Rusak di Daerah, Menteri PUPR Sebut Belum Ada Penanganan dari Pusat

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono | Merinda Faradianti/forumkeadilan.com

FORUM KEADILAN – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan untuk perbaikan jalan rusak di sejumlah daerah seperti Sumatera Utara, Jambi, dan Lampung untuk penanganannya belum diambil alih oleh pusat.

“Jadi untuk penanganan jalan di daerah sudah direncanakan dari bulan Februari melalui Inpres percepatan penanganan jalan. Baik provinsi atau kota, apa yang telah dikunjungi presiden di Lampung, di Jambi dan Sumut itu belum ada penanganan dari pusat,” katanya saat ditemui di gedung Merah Putih KPK, Kamis 25/5/2023.

Bacaan Lainnya

Ia menyebut, sebelum melakukan penanganan tersebut pihaknya harus menyelesaikan dokumen penganggarannya dengan Kementerian Keuangan terlebih dahulu.

Basuki menerangkan, pihaknya sudah bertemu dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk membahas dokumen penganggaran tersebut.

“Mei ini selesaikan dokumen penganggarannya. Tahap pertama ada Rp14,9 triliun, termasuk untuk yang Lampung, Jambi dan Sumatera Utara. Abis itu, baru Juni diadakan pengadaan barang dan jasa atau lelangnya. Apakah melalui lelang umum atau e-catalog,” sambungnya.

Ia menuturkan, perbaikan tersebut akan dilaksanakan paling lama di awal Juli sudah mulai dikerjakan.

“Kolaborasi antara pemerintah daerah pusat. Kalau pemerintah pusat Insha Allah mulai Juli.  Mulai Juni baru mulai ada lelangannya,” jelasnya.

Jalan rusak jadi topik hangat warganet

Jalan rusak di sejumlah daerah di Indonesia menjadi topik yang ramai diperbincangkan beberapa bulan belakangan ini.

Awalnya, isu jalanan rusak ini menjadi trending topic usai seorang TikTokers bernama Bima Yudho membuat konten video terkait infrastruktur di Lampung banyak yang rusak.

Dari situ pun banyak netizen dari Lampung yang berbondong-bondong membagikan jalanan rusak di kotanya, salah satunya Ruas Jalan Simpang Randu-Seputih Surabaya, Kabupaten Lampung Tengah.

Di sana, banyak jalanan yang berlubang dan bila hujan penuh lumpur, sehingga sangat membahayakan kendaraan yang melintas.

Banyaknya jalanan rusak yang ada di Lampung itu lantas membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung, Jumat, 5/5.

Sejak dari Lampung, Jokowi membuka aduan soal jalan rusak di akun media sosialnya.

Pada Rabu, 17/5/2023 lalu, Jokowi mengatakan, pemerintah telah mendapat aduan dari masyarakat mengenai jalan rusak hingga 7.400 lokasi.

“Kemarin saya cek urusan jalan rusak saja ada 7.400 lokasi yang masuk ke Instagram Twitter, Facebook, yang kami miliki,” ujar Jokowi dalam keterangannya.*

 

Laporan Merinda Faradianti