Charles III Resmi Jadi Raja Inggris

Raja Charles III. | Ist
Raja Charles III. | Ist

FORUM KEADILANCharles III resmi menjadi Raja Inggris hari ini, Sabtu, 6/5. Penobatan Putra Ratu Elizabeth II itu digelar di Gereja Westminster Abbey.

Istri Raja Charles III, kini resmi menjadi Permaisuri Ratu Inggris pertama dalam sembilan dekade terakhir.

Bacaan Lainnya

Dilansir BBC, Sabtu, 6/5/2023, Raja Charles III mengisi posisi yang ditinggalkan Ratu Elizabeth yang meninggal dunia pada September tahun lalu. Charles III berusia 74 tahun ketika dinobatkan menjadi raja.

Acara penobatan yang berlangsungĀ  di 11.00 siang waktu London itu dihadiri lebih dari 2 ribu tamu undangan di mana hampir seluruh pemimpin negara menjadi saksi sejarah.

“Saya, Charles dengan sungguh-sungguh dan tulus di depan Tuhan mengaku bersaksi, dan menyatakan bahwa saya adalah seorang Protestan yang setia,” kata Charles dalam sumpah janji,

“Dan bahwa saya akan menjunjung tinggi serta mempertahankan undang-undang yang berlaku dengan kekuatan terbaik saya,” sambungnya.

Charles dinobatkan dengan mengikuti prosesi tradisi panjang yang dilakukan lebih dari 900 tahun.

Setelah prosesi penobatan, Raja Charles III dan Ratu Camilla akan kembali ke Istana Buckingham dari Westminster Abbey menggunakan kereta kencana Gold State Coach.

Kereta kencana itu berjalan perlahan agar memberi waktu bagi Raja Charles III menyambut warga yang menantikan kehadiran pemimpin baru Inggris itu.

Raja Charles III sendiri akan mengambil peran sebagai kepala negara dari 14 negara persemakmuran termasuk Selandia Baru, Kanada, dan Australia.*