26 Orang Tewas dan Kota Porak Poranda Akibat Tornado Dahsyat di AS

Kerusakan akibat Tornado dahsyat di Mississippi Amerika Serikat. | Reuters
Kerusakan akibat Tornado dahsyat di Mississippi Amerika Serikat. | Reuters

FORUM KEADILAN – Sebanyak 26 orang tewas akibat dihantam tornado dahsyat di negara bagian Mississippi yang berada di wilayah selatan Amerika Serikat (AS). Tornado yang disertai badai petir dan hujan deras itu melintasi Mississippi sejak Jumat malam, sejauh lebih dari 60 kilometer.

Reuters melaporkan, data Badan Manajemen Darurat atau BPBD Mississipi, korban jiwa atas kejadian itu tercatat sebanyak 26 orang serta lusinan korban lainnya mengalami luka-luka. Sebanyak 18 korban dari jumlah tersebut adalah warga Kota Rolling Fork.

Sementara itu, laporan dari kantor sheriff di Morgan County melalui akun Twitternya menyebutkan seorang pria di Alabama tewas terjebak di trailer yang terbalik usai diterjang tornado.

Sedangkan di Rolling Fork, permukiman yang dihuni setidaknya 2 ribu orang luluh lantak meninggalkan puing-puing. Mobil-mobil terbalik, pagar tercabut, dan pohon-pohon tumbang.

Listrik yang seharusnya dinikmati 4.800 orang dilaporkan putus dan setidaknya 11 ribu rumah dan kawasan bisnis dalam kondisi gelap di Alabama.

BPBD Mississippi mengabarkan bila hari ini ada potensi cuaca yang lebih buruk termasuk hujan es.

“Semuanya tersapu tornado!” ucap Patricia Perkins yang bekerja di salah satu toko di Rolling Fork.

“Lebih buruk dari yang kukira. Semua pusat perbisnisan di Highway 61 hilang!” ucap Ricky Cox sembari menambahkan bila dua rekannya termasuk korban tewas.

Sementara itu, Wali Kota Rolling Fork, Eldridge Walker, sampai tak sanggup berkata-kata. “Kota kami hilang. Kehancuran! Itu saja yang bisa kulihat di sekeliling,” kata dia.

Badan Manajemen Darurat Mississippi mengatakan, empat orang hilang, dan saat ini tim SAR menyisir puing-puing untuk mencari korban selamat di Silver City.

“Sayangnya, angka-angka ini diperkirakan akan berubah,” katanya merujuk pada jumlah korban tewas, pada Sabtu, 25/3, waktu setempat.

Operasi pencarian dan penyelamatan sedang dilakukan di daerah Sharkey dan Humphreys, sekitar 110 km (70 mil) utara ibu kota negara bagian Jackson, menurut penyiar ABC News TV.

“Kami telah mengaktifkan dukungan medis, melonjakkan lebih banyak ambulans dan aset darurat lainnya bagi mereka yang terkena dampak.

Pencarian dan penyelamatan aktif,” kata Gubernur Tate Reeves di Twitter.

Dia memperingatkan warga untuk menonton laporan cuaca dan tetap berhati-hati.

Presiden AS, Joe Biden pada hari Sabtu berjanji untuk memberikan dukungan darurat bagi para korban.

“Gambar-gambar dari seberang Mississippi memilukan,” kata Joe Biden dalam sebuah pernyataan.

“Kami akan melakukan semua yang kami bisa untuk membantu. Kami akan berada di sana selama dibutuhkan,” lanjutnya.*