Mohamad Hasan, Jenderal Kopassus Ahli Intelijen Resmi Jabat Pangdam Jaya

Mayjen TNI Mohamad Hasan resmi menjabat sebagai Panglima Kodam (Pangdam) Jaya/Jayakarta. | Dispenad
Mayjen TNI Mohamad Hasan resmi menjabat sebagai Panglima Kodam (Pangdam) Jaya/Jayakarta. | Dispenad

FORUM KEADILAN – Mayjen TNI Mohamad Hasan resmi menjabat sebagai Panglima Kodam (Pangdam) Jaya/Jayakarta, menggantikan Mayjen TNI Untung Budiharto yang memasuki masa purna tugas.

Selanjutnya, Jabatan Mohamad Hasan sebagai Pangdam Iskandar Muda (IM) diserahkan kepada Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya.

Bacaan Lainnya

Serah terima jabatan (sertijab) dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman di Aula Jenderal Besar A.H Nasution, Mabesad, Jakarta, Jumat, 24/3/2023.

Dalam sambutannya, Dudung berpesan agar Mohamad Hasan beserta jajaran Kodam Jaya mampu mencegah konflik sosial, sebab saat ini telah memasuki tahun politik.

Kodam Jaya, kata Dudung, harus dapat melaksanakan tugas dengan baik dan tidak ragu dalam bertindak, terutama terhadap pihak yang ingin memecah belah NKRI.

“Pada era keterbukaan informasi dan kebebasan saat ini, konflik sosial marak terjadi di wilayah khususnya memasuki tahun politik seperti tahun ini. Oleh karena itu, Kodam Jaya sebagai Barometer pengamanan di Indonesia harus dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan tidak ragu-ragu dalam bertindak terhadap pihak-pihak yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan NKRI,” kata Dudung.

“Sehingga dapat berpengaruh positif terhadap keamanan Ibu Kota sebagai Barometer politik nasional serta menjadi acuan bagi satuan-satuan di daerah karena lokasinya yang strategis,”pungkasnya.

Jenderal bintang dua berdarah Kopassus ini mempunyai karier yang gemilang. Mohamad Hasan adalah putra minang lulusan Akademi Militer (Akmil) 1993. Dia pernah menjabat sebagai Komandan Grup A Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) pada tahun 2016 hingga 2018.

Pada tahun 2019 berpangkat Brigadir Jenderal Hasan menjabat sebagai Wakil Danjen Kopassus hingga tahun 2020.

Hasan mendapatkan promosi menjadi Mayor Jenderal dan langsung mendapatkan jabatan Danjen Kopassus hingga 2021. Setelahnya, Hasan mendapatkan kepercayaan untuk memimpin daerah Komando di Banda Aceh yakni menjadi Pangdam IM hingga akhirnya sekarang menjadi Pangdam Jaya.*