Bulog Nyatakan Impor Beras Februari Baru Selesai

beras imporr
Beras impor. | Ist

FORUM KEADILAN – Tidak seperti yang diminta Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan yang menyebut akan menutup keran impor beras di akhir Januari 2023, ternyata impor beras baru akan berakhir pada pertengahan Februari.

“Terakhir kedatangannya adalah pertengahan Februari (2023) sehingga Maret itu sudah tak ada barang impor yang masuk ke Indonesia,” kata Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso alias Buwas ┬ádalam Rapat Kerja dengan Komisi IV DPR RI, Senin, 16/01/2023.

Bacaan Lainnya

Buwas mengatakan, keputusan impor beras hingga Februari ini telah sesuai perhitungan, yaitu panen raya baru akan datang pada Maret 2023. Oleh sebab itu, impor tidak akan mengganggu panen.

Saat ditanya lebih lanjut mengenai batas tutup keran impor ini, Buwas mengatakan pihaknya akan mengusahakan paling lama 16 Februari total 500 ribu ton beras sudah sampai.

“Semuanya, 500.000 ton sudah selesai. Kontrak capai 500.000 ton, ada Thailand, dan Vietnam, sebagian Pakistan, sebagian kecil Myanmar,” katanya, kepada media, selepas acara.

Buwas mengatakan, sejauh ini total beras impor yang sudah diterima RI sebanyak 120 ribu ton dari target 200 ribu ton untuk tahap pertama. Kemudian pada tahap kedua, Bulog ditugaskan untuk impor kembali sebanyak 300 ribu ton.

Dengan demikian, dari total 500 ribu ton, masih ada sisa sekitar 380 ribu ton yang belum tiba. Ia juga tak menampik kalau memang terjadi keterlambatan waktu.

“Kita usahakan paling lama 16 Februari udah harus selesai kontraknya karena kita nggak mau juga nanti masa panen justru itu mengganggu ya.

Keterlambatan ini, kata dia, karena faktor cuaca sehingga kapal laut kesulitan berlayar. Beras impor sendiri sebelumnya ditargetkan akan tiba di RI pada Desember 2022 lalu, namun molor hingga awal tahun ini.

“Itu soal kedatangan saja, jadi kita tidak bisa memaksakan, tadi cuaca tidak bisa kuta prediksi seperti itu. Kita memang ada keterlambatan waktu,” ujar Buwas.

Sebelumnya Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) memastikan impor beras bisa dilakukan sampai akhir Januari 2023.

Zulhas menyebut akan memberi keleluasaan ke Bulog untuk mengimpor beras. Namun setelah akhir Januari, ia memerintahkan Bulog membeli dari petani lokal.

“Ya kita kasih (impor) sampai Januari akhir. Terserah berapa bisanya, sanggupnya berapa Bulog, ya terserah Bulog. Tapi habis itu sudah, giliran beli dari petani,” ujar di Halaman Gedung Kementerian Perdagangan, Jumat, 6/1/2023.

Bulan Maret adalah musim panen petani, sehingga impor akan dilarang. Terkait berapa besar jumlah beras yang akan diimpor Zulhas belum bisa memastikan.

“Kita kasih waktu sampai Januari. Nah Januari nanti nggak tahu bisa dapat berapa. Februari itu sudah terakhir karena Maret sudah musim panen,” katanya.*