Legenda Sepak Bola Brasil Pele Meninggal Dunia

Pele meninggal dunia. | Ist

FORUM KEADILAN – Legenda sepak bola Brasil, Pele, meninggal dunia di rumah sakit Albert Einstein, Sao Paulo, dalam usia 82 tahun pada Jumat, 30/12/2022, dini hari WIB.¬† “Sang raja telah meninggal,” demikian pernyataan agen Pele, Joe Fraga, dikutip dari ESPN.

Pihak keluarga juga mengonfirmasi kabar meninggalnya Pele melalui akun Twitter sang legenda. “Inspirasi dan cinta menandai perjalanan Raja Pele, yang meninggal dengan damai hari ini. Cinta, cinta, dan cinta selamanya.”

Bacaan Lainnya

Sebelum meninggal dunia, Pele menjalani perawatan intensif di rumah sakit selama satu bulan terakhir untuk berjuang sembuh dari kanker usus yang dideritanya sejak 2021.

Pele yang bernama asli Edson Arantes do Nascimento itu merupakan salah satu pesepak bola terbaik sepanjang masa.

Ia diperkenalkan ke dunia pada usia 17 tahun di Piala Dunia 1958, menjadi pemain termuda sepanjang sejarah turnamen tersebut yang mentas di final dan tampil sebagai juara.

Pele pun mengukir rekor lainnya sebagai satu-satunya pesepak bola yang menjuarai tiga Piala Dunia, yakni pada tahun 1958, 1962, dan 1970.

Dia juga tercatat sebagai top skor atau pencetak gol terbanyak Brasil dengan torehan 77 gol dalam 92 pertandingan.

 

Dunia Kehilangan Ikon Olahraga

Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengatakan dunia telah kehilangan ikon olahraganya yang hebat dan sepak bola telah kehilangan rajanya setelah legenda Brazil Pele meninggal.

Pele dinobatkan sebagai atlet abad ini oleh IOC pada 1999 dan dihormati dengan Olympic Order, penghargaan tertinggi Gerakan Olimpiade, pada 2016.

“Dengan mangkatnya Pele, dunia telah kehilangan ikon olahraga yang hebat,” kata presiden IOC Thomas Bach di Twitter seperti dikutip AFP.

“Seperti yang bisa saya rasakan sendiri, dia adalah orang yang benar-benar percaya kepada nilai-nilai Olimpiade dan pembawa api Olimpiade yang bangga. Merupakan suatu kehormatan untuk mempersembahkan Olimpic Order kepadanya.”

Komite Olimpiade Nasional memilihnya sebagai atlet abad ini pada 1999.

“Sepak bola telah kehilangan rajanya,” kata IOC dalam pernyataan penghormatannya.

“Pele, pesepakbola serba bisa dengan bakat khusus, memenangkan penggemar di semua benua di dunia. Dia memainkan peran penting dalam kebangkitan sepak bola ke posisi olahraga paling populer di planet ini.”

Pele tidak pernah bermain dalam Olimpiade, tetapi dia ikut serta dalam estafet obor Olimpiade Rio 2016.

Pele kerap dihubung-hubungkan dengan kepiawaan Lionel Messi  yang asal Argentina.Messi pun memiliki hubungan istimewa dengan sang legendaris.

Lionel Messi, bintang sepak bola yang baru membawa Argentina menjadi juara Piala Dunia 2022 ini sangat berduka akan berita meninggalnya Pele.

Penyerang Argentina ini tak banyak berkata-kata. Melalui media sosialnya instagramnya Messi juga menyampaikan pesan duka untuk Pele sekaligus mengunggah tiga foto pada laman instagramnya tersebut.

Dan dua foto itu di antaranya adalah saat kebersamaannya dengan Pele. Messi sekaligus menuliskan pesan singkat pada laman instagramnya ini.

“Beristirahatlah dalam damai, Pele,” tulis Messi.*