Segera Daftar! Lowongan Kerja 38 BUMN Ditutup Besok

Menteri BUMN Erick Thohir. | ist
Menteri BUMN Erick Thohir. | ist

FORUM KEADILAN – Lowongan kerja di 38 perusahaan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan ditutup besok, 7 Desember 2022. Untuk itu, bagi calon pelamar diimbau segera menyelesaikan proses pendaftaran dan melengkapi persyaratan di sisa waktu yang ada.

Kementerian BUMN bersama Forum Human Capital Indonesia (FHCI) membuka Program Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) 2022 Batch 2. Ada sekitar 38 lebih perusahaan yang membuka lowongan kerja dalam rekrutmen besar-besaran ini.

Bacaan Lainnya

Semua perusahaan pelat merah itu siap menerima ratusan calon pegawai baru. Menteri Erick Thohir bilang, setidaknya ada 898 calon pegawai yang dicari oleh puluhan BUMN di berbagai posisi.

“RBB memungkinkan jangkauan rekrutmen yang lebih luas di seluruh Indonesia serta menjaga profesionalisme dan objektivitas dalam proses perekrutan,” kata Erick dalam keterangan resminya, Jumat, 2/12/2022, lalu.

Berdasarkan laman resmi https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id, puluhan BUMN terlihat membuka lowongan kerja besar-besaran di berbagai posisi. Beberapa perusahaan besar seperti Pertamina, PLN, KAI, Jasa Marga, Bio Farma, hingga deretan bank pelat merah juga membuka rekrutmen di beragam posisi.

Di antaranya, ada tiga lowongan kerja dengan posisi Operator di anak usaha Pertamina, PT Kilang Pertamina Internasional. Lowongan dibuka untuk Diploma III jurusan Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Fisika/Teknik Elektro.

Ada juga lowongan kerja Officer Pemeliharaan Jaringan di PLN, lowongan dibuka untuk lulusan Sarjana Teknik Elektro. PLN juga membuka lowongan untuk posisi Officer Pemasaran, lowongan dibuka untuk lulusan Sarjana Manajemen Pemasaran.

Selain itu, ada juga PT KAI yang membuka hingga delapan lowongan kerja di berbagai posisi. Mulai dari Dokter, Staf Public Relation, Staf IT, Staf Keuangan, dan masih banyak lagi.

Pendaftaran sudah dibuka sejak tanggal 1 Desember kemarin dan bakal ditutup hingga 7 Desember 2022. Semua proses pendaftaran dilakukan secara online dan tidak dipungut biaya.

Syarat mendaftar

Untuk mengikuti rekrutmen bersama BUMN, ada beberapa hal yang perlu diikuti. Pertama, pelamar hanya dapat melamar melalui situs resmi BUMN.

Kedua, pelamar wajib memiliki alamat e-mail pribadi dan nomor telepon seluler yang masih aktif untuk dapat mengikuti proses seleksi. Pelamar dilarang menggunakan alamat e-mail milik orang lain/kantor dalam proses pendaftaran.

Ketiga, tidak ada layanan untuk perubahan/koreksi seluruh data-data serta dokumen yang telah dikirim oleh pelamar. Jadi, pastikan mengisi data dengan benar.

Dokumen yang perlu disiapkan:

  • Foto profil (wajib)
  • KTP (wajib)
  • Ijazah atau Surat Keterangan Lulus (wajib)
  • Transkrip nilai (wajib)
  • SKCK (jika ada)
  • Dokumen lainnya, termasuk sertifikat pelatihan, sertifikat Bahasa Inggris, dan lainnya (jika ada)
  • Surat rekomendasi atau Template surat rekomendasi pernah bekerja hanya sebagai referensi. Template bisa diunduh di laman resmi BUMN.
  • Siapkan dokumen yang terdiri lebih dari 1 (seperti ijazah untuk dua pendidikan), wajib untuk disatukan dalam 1 file dokumen.

Alur pendaftaran

Alur pendaftaran rekrutmen BUMN terbagi jadi empat tahapan. Tahap pertama pendaftaran online yang dibuka pada 1-7 Desember 2022.

Tahap kedua adalah online test, yang mencakup tes kompetensi dasar dan akhlak. Jadwal tahap 2 adalah 21-28 Desember 2022. Tahap ketiga adalah online tes tahap dua, mencakup kemampuan bahasa Inggris.

Tahap keempat adalah Tes Kompetensi Bidang (TKB), wawancara, dan Medical Check Up (MCU) pada 20 Januari – 28 Januari 2023. Detail pelaksanaan tahap ini dilakukan sesuai dengan ketentuan masing-masing BUMN.

Pengumuman final calon pegawai BUMN dilakukan pada bulan Januari. Sementara inagurasi atau pengukuhan rekrutmen bersama BUMN adalah pada 31 Januari 2023.*