Gempa Cianjur, Pencarian 12 Korban Hilang Diperpanjang Hingga Sabtu

Proses evakuasi korban gempa Cianjur. | ist

FORUM KEADILAN – Korban meninggal gempa Cianjur bertambah satu, sehingga total mencapai 328 orang. Sedangkan, 12 orang masih hilang, sehingga pencarian diperpanjang hingga Sabtu, 3/12/2022.

Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan, kebijakan tersebut menyusul masih dilakukannya upaya pencarian dan pertolongan terhadap korban hilang.

Bacaan Lainnya

“Mudah-mudahan dalam waktu 3 hari ke depan seluruh korban hilang bisa ditemukan dan dievakuasi,” kata Herman di Pendopo Bupati Cianjur, Rabu, 30/11/2022.

Herman mengatakan, berdasarkan laporan dari Basarnas, masih ada 12 warga yang dinyatakan hilang.

“Hari ini ditemukan lagi satu jenazah sehingga jumlah sementara korban meninggal ada 328 jiwa,” ujar Herman.

Sementara itu, Kepala Kantor SAR Bandung Jumaril menyebutkan, operasi pencarian diperluas di tiga titik lokasi, yakni Warung Sate Sinta, Kampung Cicedil RT 003, dan Kampung Cicadas.

“Site¬†yang di Warung Sate Sinta kita buka kembali setelah hasil asesmen terhadap dua warga Desa Mangunkerta yang dilaporkan hilang diduga berada di sekitar area tersebut. Bahkan salah satu KTP korban sudah kita temukan di sana,” kata Jumaril, Rabu malam.

Tim SAR akan mengoptimalkan masa perpanjangan tiga hari ke depan dan seluruh sumber daya yang ada, guna menemukan seluruh korban.

“Alat berat dan alkon akan dioptimalkan, temasuk keterlibatan anjing pelacak yang juga sangat membantu tim dalam mendeteksi keberadaan korban,” ujar Jumaril.

Mantan Kepala Basarnas Lampung itu menambahkan, kondisi cuaca penghujan dan gempa susulan yang masih terjadi sangat memengaruhi proses pencarian dan pertolongan korban.*