Irjen. Pol. Herry Wibowo : Generasi Milenial Yang Cerdas Tolak Narkoba

 

Jakarta-Forumkeadilan.com- Kakorbinmas, Baharkam Polri, Irjen. Pol. Herry Wibowo  menyerukan agar kita di era post-modern generasi milenial ini harus  mampu ukir prestasi serta menjauhkan diri  dari narkoba. Hal itu disampaikan oleh Irjen Pol Herry Wibowo kepada FORUM di Jakarta, Rabu 11 Desember 2019. “Narkoba (narkotika dan obat-obatan) adalah zat atau obat baik yang bersifat alamiah, sintetis, maupun semi sintetis yang menimbulkan efek penurunan kesadaran, halusinasi, serta daya rangsang”, ungkap Herry

Dalam kesempatan tersebut mantan Kapolrestro Bekasi Kabupaten itu menegaskan bahwa dalam UU Narkotika pasal 1 ayat 1 menyatakan bahwa narkotika merupakan zat buatan atau pun yang berasal dari tanaman yang memberikan efek halusinasi, menurunnya kesadaran, serta menyebabkan kecanduan.

Salah satu kegiatan Irjen Pol Herry Wibowo

Efek negatif dari narkoba yang sangat mengkhawatirkan bagi semua generasi. Angka kriminalitas dapat meningkat dari pengaruh negatif narkoba dan penyalahgunaan narkoba dapat terkena sanksi hukum. Perlu kita ketahui narkoba bukan hanya membahayakan fisik saja, namun psikologis dan lingkungan sosial pun dapat terancam dari dampak buruk narkoba.

1. Bahaya narkoba terhadap fisik yaitu gangguan pada system syaraf (neurologis), gangguan pada jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler), gangguan pada kulit (dermatologis), gangguan pada paru-paru (pulmoner)Sering sakit kepala, mual-mual dan muntah, suhu tubuh meningkat, pengecilan hati dan insomnia, gangguan terhadap kesehatan reproduksi yaitu gangguan pada endokrin, seperti: penurunan fungsi hormon reproduksi (estrogen, progesteron, testosteron), serta gangguan fungsi seksual, gangguan terhadap kesehatan reproduksi pada remaja perempuan antara lain perubahan periode menstruasi, ketidakteraturan menstruasi, dan amenorhoe (tidak haid). Dan bagi pengguna narkoba melalui jarum suntik, khususnya pemakaian jarum suntik secara bergantian, risikonya adalah tertular penyakit seperti hepatitis B, C, dan HIV. Bahaya narkoba bisa berakibat fatal ketika terjadi over dosis yaitu konsumsi narkoba melebihi kemampuan tubuh untuk menerimanya. Over dosis bisa menyebabkan kematian.

2) Bahaya narkoba terhadap psikologi yaitu dapat mempengaruhi kinerja dan ceroboh, sering tegang gelisah, hilang rasa percaya diri, apatis, pengkhayal, penuh curiga, agitatif, menjadi ganas dan tingkah laku yang brutal, perasaan kesal dan tertekan cenderung menyakiti diri, perasaan tidak aman, bahkan bunuh diri.

3) Bahaya narkoba terhadap lingkungan sosial, yaitu gangguan mental seperti anti-sosial, dapat memicu perilaku asusila, dan sebagainya.

Penyalahgunaan narkoba bukan hanya mendapatkan sanksi hukum tetapi juga akan mendapatkan sanksi sosial dari masyarakat. Pencegahan dan pemberantasan narkoba menjadi tugas bersama seluruh lapisan masyarakat untuk melindungi generasi milenial penerus bangsa yang bersih dari narkoba. Maka dari itu Kakorbinmas Polri Irjen. Pol. Herry Wibowo menyerukan generasi milenial yang cerdas itu harus bisa mengukir prestasi dan tolak narkoba. (abdul fatid)

You might also like