Kamis, 17 Juli 2025
Menu

Tren Fast Beauty Dominasi Dunia Kecantikan Indonesia

Redaksi
Ilustrasi Produk Perawatan Kulit | Ist
Ilustrasi Produk Perawatan Kulit | Ist
Bagikan:

FORUM KEADILAN – Dalam beberapa tahun terakhir, dunia kecantikan mengalami perubahan signifikan dengan hadirnya tren fast beauty, khususnya pada produk skincare.

Fenomena ini bisa terjadi karena produk kecantikan Indonesia sudah lebih mengedepankan produk yang cepat, efektif dan praktis, seiring dengan meningkatnya gaya hidup modern yang dinamis.

Fast Beauty menargetkan konsumen yang menginginkan hasil perawatan kulit tanpa mengorbankan kualitas. Alhasil, produk yang ditawarkan lebih beragam dari segi formula, tekstur hingga warna untuk menyesuaikan kebutuhan.

Produk-produk yang termasuk ke dalam fast beauty sering kali hadir di dalam kemasan yang menarik, praktis, mudah dibawa kemana saja sehingga memungkinkan penggunanya untuk merawat kulit kapan saja dan dimana saja.

Salah satu produk skincare yang masuk dalam kategori fast beauty adalah sunscreen yang memberikan perlindungan instan pada kulit saat beraktivitas diluar ruangan.

Adanya kemudahan tersebut menjadikan produk-produk skincare semakin popular dikalangan konsumen muda, terutama pada generasi millennial dan Gen Z yang mencari produk yang instan dan memiliki hasil yang nyata.

Tidak hanya itu, tren fast beauty berkembang karena adanya faktor pendorong dari pengaruh media sosial.

Rekomendasi produk-produk kecantikan atau skincare yang sering dibahas oleh beauty influencer melalui video tutorial atau ulasan di platform media sosial menjadikan tren fast beauty ini melaju dengan pesat.

Walaupun fast beauty memperlihatkan kepraktisan, tapi ada sejumlah isu terhadap kualitas dan keamanan dalam jangka waktu panjang tersebut.

Beberapa ahli kecantikan mengimbau untuk tetap berhati-hati dalam memilih dan menggunakan produk. Konsumen harus memastikan bahwa bahan-bahan yang digunakan aman dan sesuai kebutuhan kulit masing-masing.

Kekhawatiran tentu juga menjadi sesuatu yang diperhatikan oleh beberapa brand produk kecantikan. Tidak hanya fokus pada fast beauty dan praktis, brand kecantikan harus memastikan bahwa produk yang dibuat terbebas dari bahan kimia yang berbahaya.

Seiring meningkatnya permintaan, brand kecantikan saling berlomba-lomba meluncurkan produk dengan berbagai inovasi pada produk.

Peluncuran produk kecantikan ini cenderung mengubah cara masyarakat memandang kecantikan dan meningkatkan awareness terhadap perawatan kulit tanpa harus menghabiskan banyak waktu.

Tren fast beauty akan menjadi sebuah fenomena dalam perawatan kulit modern, yang tampaknya akan terus mendominasi di masa yang akan mendatang.*

Laporan Zahra Ainaiya