Kaesang soal Minta Restu Jokowi Maju Pilgub Jakarta: Perlu Izin? Saya Ketua Umum

Kaesang Pangarep dan Jokowi
Kaesang Pangarep dan Jokowi | Ist

FORUM KEADILAN – Ketua Umum (Ketum) PSI Kaesang Pangarep menilai bahwa dirinya tidak memerlukan izin dari ayahnya yakni, Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk dapat ikut serta di Pilgub DKI Jakarta 2024.

Hal ini disampaikan oleh Kaesang saat dirinya memberikan respons pertanyaan wartawan mengenai duet dengan Anies Baswedan.

Bacaan Lainnya

Wartawan bertanya apakah Jokowi mengizinkan jika dirinya berpasangan dengan Anies.

“Ya memang saya perlu izin? Saya ketua umum, saya ada kursi di sini, beda dong,” ujar Kaesang di Kantor DPP PSI, Jakarta, Kamis, 13/6/2024.

Kaesang mengatakan bahwa dirinya siap untuk berpasangan dengan siapapun, termasuk dengan Anies. Ia juga membuka peluang berpasangan dengan Ridwan Kamil seperti kabar yang beredar.

Ia juga mengatakan membuka pintu komunikasi dengan semua pihak menuju Pilgub DKI. Kaesang mengatakan tidak ada batasan dalam menjalin komunikasi politik.

“Saya balik lagi, namanya politik kita ya enggak masalah kok dengan siapa pun,” tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) menceritakan respons Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait potensi putra sulungnya, Kaesang Pangarep maju di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jakarta 2024. Kata Zulhas, Jokowi kaget dan melarang Kaesang untuk diusung.

Zulhas bercerita, mulanya ia menyampaikan bahwa dirinya meminta Jokowi untuk mengusung Kaesang di Pilkada Jakarta. Jokowi pun sontak terkejut.

“Waduh gitu, jangan Pak Zul katanya,” kata Zulhas menirukan ucapan Jokowi di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Senin, 3/5/2024.

Zulhas mengungkapkan, pada tahun lalu dirinya sempat merekomendasikan agar putrinya, Zita Anjani bersanding dengan Kaesang. Dia menganggap keduanya menjadi pasangan yang cocok lantaran sama-sama berusia muda.

Rekomendasi itu kata Zulhas, sudah disampaikan kepada Jokowi. Namun Jokowi masih tetap bergeming lantaran Kaesang tidak memenuhi syarat umur.

“Kaesang kan anak muda, saya malah sudah pernah ngusulkan dulu, ‘Pak saya kan pernah ngusulkan dulu, setahun lalu, gimana Pak kalau Jakarta anak muda saja gitu kan, Kaesang,” setahun lalu kalau tak salah. Waktu itu memang karena masih lama itu kan, yang muda-muda Pak. Kaesang sama Zita misalnya, Saya bilang begitu waktu itu,” tuturnya.*