Bea Cukai Buka Suara Setelah Ramai Isu Sewa Influencer untuk Jadi Buzzer

FORUM KEADILAN – Direktur Komunikasi dan Bimbingan Pengguna Jasa Bea Cukai Nirwala Dwi Heryanto buka suara setelah ramai di media sosial (medsos) terkait isu Bea Cukai yang menyewa jasa influencer sebagai buzzer.
Isu tersebut ramai dibicarakan setelah salah satu influencer di TikTok, @awbimax yang mengunggah screenshot percakapannya dengan sebuah agensi. Diketahui, Bea Cukai adalah instansi pemerintah yang namanya tersebut dalam pesan tersebut.
Nirwala menekankan bahwa Bea Cukai tidak pernah menggunakan influencer sebagai buzzer untuk mendiskreditkan opini masyarakat, terutama mengenai apa yang saat ini sedang ramai diperbincangkan.
“Kami pernah bekerja sama dengan beberapa influencer, tapi berkaitan dengan mengedukasi masyarakat terkait layanan kepabeanan dan cukai,” kata Nirwala melalui siaran persnya, Senin, 6/5/2024.
Nirwala mengungkapkan tujuan dari kerja sama itu bertujuan untuk memaksimalkan jangkauan publisitas dan menyederhanakan informasi agar lebih mudah dipahami masyarakat secara praktis.
“Layaknya organisasi lain yang memahami pentingnya peran media sosial dan influencer dalam membantu menyebarkan dan menyederhanakan informasi yang kami miliki, kami juga turut mengoptimalkan penggunaan fungsi-fungsi tersebut,” lanjutnya.
Ia menyebut Bea Cukai secara aktif dan rutin dalam memberikan edukasi dan sosialisasi bagi masyarakat.
Nirwala mengaku Bea Cukai tidak pernah melakukan kontak atau tawaran kerja sama dengan @awbimax.
“Kami juga tidak pernah meminta agensi tertentu menggandeng yang bersangkutan untuk kerja sama,” tutur Nirwala.
Di sisi lain, Ia mengatakan bahwa Bea Cukai mengucapkan terima kasih atas masukan, saran, dan informasi yang diberikan oleh masyarakat untuk penyempurnaan pelayanan yang diberikan.
Bea Cukai, lanjut Nirwala, senantiasa untuk dapat terus berkomitmen dalam melakukan edukasi dan sosialisasi yang dijalankan bersama dengan stakeholder.*