NasDem soal Ganjar Dorong Hak Angket Pemilu: Apa yang Buat 03 Risau, karena Kalah?

Waketum NasDem Ahmad Ali. | Dok NasDem
Waketum NasDem Ahmad Ali. | Dok NasDem

FORUM KEADILAN – Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali menanggapi usulan calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo yang mendorong DPR untuk mengajukan hak angket terkait dugaan kecurangan Pemilu 2024.

Ali mengaku heran dengan usulan mantan Gubernur Jawa Tengah tersebut.

Bacaan Lainnya

“Pertanyaan kita sebenarnya, apa yang membuat teman-teman 03 ini risau? Apa karena kalah? Yang bilang mereka kalah siapa? Yang buat kita gaduh ini adalah hasil quick count lewat televisi. Opini apalagi yang mau dipengaruhi? Kan sudah pencoblosan,” kata Ali kepada wartawan, Kamis, 22/2/2024.

“Semarahnya kita, ayo kita letakkan itu dengan akal sehat atau waras. Kalau sekarang, baru sadar, kenapa tidak dari dulu,” sambungnya.

Ali meimbau, agar kubu pendukung Ganjar dan Mahfud MD memperkuat bukti-bukti kecurangan yang dimiliki untuk kemudian diserahkan kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Mahkamah Konstitusi (MK), daripada hanya teriak-teriak hak angket.

“Perkuat saksi, perkuat alat bukti. Kalau dalam penelusuran terjadi dugaan kecurangan, ada mekanisme Bawaslu dan MK. Kan kanalnya di sana,” ujarnya.

Sebelumnya, Ganjar Pranowo mendorong pengajuan hak angket DPR dalam dugaan kecurangan Pemilu 2024.

Tak hanya dari partai politik (parpol) pengusungnya, Ganjar mengatakan pihaknya akan berkomunikasi dengan partai pengusung pasangan calon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

“Jika DPR tak siap dengan hak angket, saya mendorong penggunaan hak interpelasi DPR untuk mengkritisi kecurangan pada Pilpres 2024,” kata Ganjar dikutip dari keterangan tertulis Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Rabu, 21/2.

Hak angket sendiri merupakan salah satu dari tiga hak DPR dalam menjalankan fungsinya sebagai pengawasan.

Hak angket menyebut, DPR berhak melakukan penyelidikan terhadap pelaksanaan suatu Undang-Undang atau kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan hal penting, strategis, dan berdampak luas bagi masyarakat.*