Demokrat Tidak Sepakat Perpanjangan Jabatan Kepala Daerah

FORUM Keadilan – Harapan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria yang ingin Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan aturan untuk perpanjangan masa jabatan kepala daerah hingga 2024 ditentang keras oleh Partai Demokrat.

Menurut Deputi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani bahwa hal itu menyalahkan semangat Demokrasi. Ia pun yakin, Jokowi tidak akan mengeluarkan kebijakan tersebut.

“Kami berkeyakinan Presiden Jokowi seorang yang taat azas dan berkomitmen tinggi menjaga demokrasi, sehingga apa yang disampaikan Wakil Gubernur DKI Ariza Patria ini tak akan dihiraukan,” katanya saat dihubungi wartawan, Jumat (14/1/22).

Ia pun berpendapat bahwa apa yang disampaikan Riza sangat kontradiktif dengan semangat untuk mewujudkan demokrasi yang semakin berkualitas. Karena sama saja tidak ingin menghadirkan kepastian hukum.

Karena sesuai dengan aturan hukum yang ada di Undang-Undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada bahwa kepala daerah yang habis masa jabatannya dan belum ada pergelaran Pilkada maka diganti dengan pejabat tugas.

Sebab apa yang Riza inginkan, kata Kamhar sama saja dengan merubah aturan seenaknya dan ini berbahaya bagi kelangsungan demokrasi.

Ia pun menyebutkan, bila usulan itu diterima, maka akan menjadi preseden buruk ke depan di mana pejabat bisa sekenanya melakukan perpanjangan jabatan karena sedang memegang kekuasaan.

Penulis : BISMA RIZAL

spot_img

Berita Terkait

Berita Lainnnya

Dua Orang Tewas Akibat...

ICJR: 404 Terpidana Mati...

Kunker Ketua MPR ke...

Inter Milan Boyong Bek...

Warga Yordania Pukul Petugas...

Laporan Pedagang Bone Bolango...

Prakiraan BMKG Cuaca Hari...

Kalahkan Timor Leste 4-1,...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Berita Terkini

spot_img