Nasionalisme Para Capres

Didik J Rachbini (detik)
Didik J Rachbini (detik)

Jakarta — Dalam sebuah diskusi mengenai capres, Ketua PAN Didik J Rachbini menyindir Jokowi yang dianggap tak pernah berbicara mengenai nasionalisme. “Jokowi tidak ngomong nasionalisme sehingga tak bisa dinilai,” kata Didik di Jakarta, Sabtu, (5/4).

Didik menuturkan, nasionalisme mesti dimiliki oleh seorang calon presiden dan disampaikan ke publik. Ia tidak boleh mengelak saat ditanya mengenai visi nasionalismenya. Jika selalu mengelak saat ditanya mengenai visi misi, publik tak akan bisa melihat kadar nasionalisme calon presiden.

“Jika tak perlu visi, bagaimana bisa bekerja,” tambah Didik.

Didik juga menyinggung capres lain seperti Prabowo, Aburizal Bakrie (Ical) dan Dahlan Iskan. Prabowo, kata dia, menjual rasa nasionalisme sehingga kadang berbenturan dengan pragmatisme global. Menurut Didik, nasionalisme ala Prabowo berbahaya karena Indonesia bergaul dengan dunia internasional.

Adapun Ical, kata Didik, sosok ini lebih pragmatis. Alasannya, Ical seorang pengusaha.

Sedangkan salah seorang kandidat terkuat pemenang konvensi Demokrat, Dahlan Iskan, belum bisa dinilai sikap nasionalismenya. Apalagi, Dahlan belum ada tanda-tanda bakal ditetapkan sebagai capres Demokrat.

12/rmnews/jotz

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.