KSPI Sebut Putusan MK Jadikan UMP 2022 Tidak Berlaku

FORUM Keadilan – Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menyebutkan bahwa UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja inkonstitusional harusnya berdampak terhadap penetapan upah minimum Provinsi (UMP).

Sebagaimana, aturan UMP yang merupakan turunan dari UU Ciptakan Kerja hanya mewajibkan kenaikan sebesar 1,09 persen seperti yang diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan.

Menurut Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal dengan putusan MK ini maka seluruh kepala daerah di Indonesia harus mencabut sejumlah aturan dan ketetapan UMP 2022.

“Dan untuk UMP pada 2022 harus mengacu kepada UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan PP 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan,” ujarnya dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (25/11/2021).

Tuntutan ini, kata Iqbal berlaku untuk seluruh gubernur di Indonesia termasuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang harus mencabut terkait SK UMP 2022.

Iqbal menambahkan, KSPI menuntut kenaikan upah berkisar 4-5 persen, baik itu untuk UMP maupun UMK. Menurut dia, angka 4-5 persen itu sudah kompromi dari tuntutan sebelumnya 10 persen.

Iqbal juga menjelaskan, pemerintah wajib menaati putusan MK tersebut. Dengan demikian, kata dia, UU 13/2003 dan PP 78/2015 harus kembali dihidupkan.

“Kami minta kepada pemerintah dalam hal ini menteri terkait, teman-teman pengusaha, harus taat kepada hukum, mengembalikan semua ketenagakerjaan ke UU 13/2003,” tuturnya.

MK sebelumnya memutuskan bahwa UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja inkonstitusional secara bersyarat. Putusan itu dibacakan oleh ketua MK Anwar Usman dalam sidang uji formil UU Cipta Kerja.

Dalam pertimbangannya, MK menilai metode penggabungan atau omnibus law dalam UU Cipta Kerja tidak jelas apakah metode tersebut merupakan pembuatan UU baru atau melakukan revisi. Selain itu, MK menilai bahwa pembentukan UU Cipta Kerja tidak memenuhi asas keterbukaan publik.

Penulis: Bisma Rizal

spot_img

Berita Terkait

Berita Lainnnya

Tersangka Kasus Rekaman Video...

Warga Rentan Sosial Yogyakarta...

Kasus positif Covid-19 tersisa...

Menhan Luncurkan KCR Kelima...

Wagub Jabar Kutuk Pelaku...

Bupati Ciamis Apresiasi Tenaga...

Hamstring, Benzema Tak Bermain...

Sosialisasi Pembangunan Zona Integritas...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Berita Terkini

spot_img