KSPI Andi Gani Bersyukur MK Tolak UU Omnibus Law

FORUM Keadilan – Presiden Konfederasi Serikat Pekerjaan Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea mengaku bersyukur atas putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang membatalkan UU Cipta Kerja atau Omnibus Law pada Kamis (25/11/2021).

Dengan suara tersedu-sedu, Andi menyebutkan, bahwa ini adalah buah dari perjuangan selama dua tahun menolak Omnibus Law karena tidak sesuai dengan Undang-undang Dasar.

“Perjuangan panjang kita, bisa kita buktikan, dengan kerja keras luar biasa,” kata dia saat menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung MK.

Dirinya pun mengklaim mengambil resiko untuk menolak Omnibus Law di Indonesia. Tetapi tidak dijelaskan secara detail resiko apa yang dialaminya sebagai pemimpin serikat buruh.

Dengan penolakan Omnibus Law ini, kata dia, maka sudah membuktikan bahwa Tuhan bersama dengan buruh demi menuntut kesejahteraan.

“Kita siapkan perlawanan berikutnya, kalau Pemerintah main-main dengan buruh Indonesia. Terimakasih kawan-kawan dan terimakasih MK,” tegas Andi.

Seperti diketahui, MK mengabulkan sebagian gugatan KSPI atas UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Menurut Majelis Hakim pembentukan UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja atau Omnibus Law bertentangan dengan UUD 1945 dan tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat secara bersyarat. Yakni tidak dilakukan perbaikan dalam waktu 2 tahun sejak putusan ini diucapkan.

“Menyatakan UU Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja masih tetap berlaku sampai dengan dilakukan perbaikan pembentukan sesuai dengan tenggang waktu sebagaimana yang telah ditentukan dalam putusan ini,” kata Ketua MK Anwar Usman saat membacakan amar putusan.

Majelis hakim konstitusi juga memerintahkan kepada pembentuk UU untuk melakukan perbaikan dalam jangka waktu paling lama dua tahun sejak putusan ini diucapkan. Apabila dalam tenggang waktu tersebut tidak dilakukan perbaikan, kata Anwar, maka UU Cipta Kerja menjadi inkonstitusional secara permanen.

Penulis: Bisma Rizal

spot_img

Berita Terkait

Berita Lainnnya

Vaksinasi di Kapuas Berhadiah...

Aktivitas Menwa UPN Veteran...

Tersangka Kasus Rekaman Video...

Warga Rentan Sosial Yogyakarta...

Kasus positif Covid-19 tersisa...

Menhan Luncurkan KCR Kelima...

Wagub Jabar Kutuk Pelaku...

Bupati Ciamis Apresiasi Tenaga...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Berita Terkini

spot_img