BRG, Masyarakat Gambut Internasional dan JPS Gelar Tropical Peatland Roundtable

0

Badan Restorasi Gambut (BRG) bersama Masyarakat Gambut Internasional (Internasional Peatland Society, IPS) dan Japan Peatland Society, JPS) berencana akan melakukan aksi bersama untuk restorasi gambut.

Rumitnya penggelolaan lahan gambut bukan hanya karena adanya banyak pemangku kepentingan namun juga karena sifat ekosistem rawa gambut sendiri. Ada beberapa elemen yang harus dipertimbamgkam dalam penggelolaan gambut, seperti tingkat air tanah, status unsur hara tanah dan air, vegetasi, topografi dan sistem sosial ekonomi.

“Selama lebih dari dua puluh tahun, ilmuan Indonesia dan Internasional telah berkolaborasi dalam.studi ekosistem rawa gambut dan metode restorasi. Hasil berbagai penelitian telah digunakan untuk dasar kebijakan tentang penggelolaan lahan gambut” ujar Nazir Foead kepada FORUM di Jakarta Rabu 1 November 2017.

Menurutnya masih diperlukan studi multi dan inter disiplin mengenai ekosistem rawa gambut tropis yang mempunyai rekomendasi praktis bagi pelaku restorasi gambut. “Ada kebutuhan mendesak untuk tindakan lebih lanjut dari para ilmuwan untuk mendukung restorasi, konservasi dan penggelolaan lahan gambut yang berkelanjutan di Indonesia” ujarnya.

You might also like More from author