Kasus Satelit Orbit 123 Derajat Bujur Timur Naik ke Penyidikan

FORUM keadilan – Kejaksaan Agung Republik Indonesia melakukan konferensi pers terkait kasus Satelit Orbit 123 derajat Bujur Timur secara luring dan daring di Press Room Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Jumat (14/1).

Kejaksaan Agung sudah menerima dan menandatangani surat perintah penyidikan pada Jumat (14/1), dan akan memulai penyidikan perkara dugaan tindak pidana korupsi pada proyek Satelit 123 derajat Bujur Timur oleh Kementerian Pertahanan (Kemhan) di tahun 2015 lalu.

Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus, Dr. Febrie Adriansyah mengatakan bahwa mereka sudah melakukan penyelidikan dan memeriksa total 11 orang.

“Kita telah melakukan penyelidikan selama satu minggu, kita sudah memeriksa beberapa orang baik dari pihak swasta atau rekanan pelaksana maupun dari beberapa orang di kementerian Pertahanan” ujar Febrie.

Febrie menjelaskan perkiraan uang yang keluar untuk proyek ini mencapai 50 miliar dan potensi dari gugatan Arbitrase senilai 20 juta USD. Adanya kerugian ini karena adanya kejahatan yang kualifikasinya masuk kedalam kualifikasi tindak pidana korupsi.

JAM Pidsus juga mengatakan belum bisa menentukan siapa saja yang bertanggung jawab atas perkara tindak pidana korupsi, karena surat perintah baru saja keluar.

“Surat perintah penyidikan baru dikeluarkan pada tanggal 14, maka penyidik akan memprioritaskan mencari barang bukti dan akan menentukan siapa-siapa saja yang bertanggung jawab dalam perkara tindak pidana korupsi” jawab Febrie saat ditanya wartawan.

Dalam penyelidikan, jaksa telah melakukan koordinasi dan berdiskusi untuk medapatkan penguatan dalam mencari alat bukti, salah satunya adalah auditor di BPKP. Jaksa juga menemukan adanya perbuatan melawan hukum dalam menjalankan proyek pengelolaan orbit 123 derajat Bujur Timur.

Dalam melakukan penyidikan nanti, Febrie berjanji mereka akan melakukannya dengan profesional. “kita profesional, kita akan melihat terhadap pihak-pihak yang bisa menguatkan pembuktian tanpa melihat jabatan dan posisi orang tersebut” tambah Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus itu.

Penulis: DINDA BUANA PUTRI

spot_img

Berita Terkait

Berita Lainnnya

Danrem: Penanganan Papua Berubah...

Indah Cleo DJ Terpopuler...

Dua Orang Tewas Akibat...

ICJR: 404 Terpidana Mati...

Kunker Ketua MPR ke...

Inter Milan Boyong Bek...

Warga Yordania Pukul Petugas...

Laporan Pedagang Bone Bolango...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Berita Terkini

spot_img