Enak Lho, PNS Bakal Bisa Bekerja dari Mana Saja

FORUM Keadilan – Pegawai Negeri Sipil (PNS) bakal bisa bekerja dari mana saja atau work from anywhere (WFA). Sistem WFA ini terinspirasi dari work from home (WFH) yang berlaku semasa pendemi Covid-19.

Kini pemerintah mengkaji sistem WFA untuk PNS agar bisa bekerja dari mana saja. Kepala Biro Hukum, Humas dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Satya Pratama, mengatakan dengan sistem WFA, PNS dapat bekerja fleksibel dari mana saja. Sistem WFA akan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

”Tujuannya ialah meningkatkan kinerja dan kepuasan ASN dalam bekerja. Sekaligus meningkatkan efektivitas dan efisiensi birokrasi pemerintahan,” kata Saya, Kamis (12/5/2022). Dengan begitu, PNS dapat bekerja di mana pun. Jadi tidak mesti bekarja di kantor atau rumah. Tapi bisa juga di restoran, mal, kafe, bahkan pantai pun bisa.

Baca Juga

Menurut Satya, nanti tempat bukan menjadi hal yang penting. Namun yang paling penting adalah PNS dapat menjalankan tugas dengan benar. ”Bekerja dan berkinerja,” ungkap Satya. Menurutnya, kini pemerintah menyusun aturan lengkap WFA PNS.

Kendati begitu, tidak semua PNS bakal bisa WFA. ”Tidak semuanya. Bagi yang bersinggungan langsung dengan publik dan membutuhkan kehadiran fisik tetap WFO,” ujar Satya. Sehingga, penerapan WFA atau WFO tergantung dari tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dari PNS.

Satya mencontohkan PNS yang bisa WFA seperti petugas administratif. ”Mungkin yang kerjanya sifatnya administratif. Tapi itu tetap harus dengan kajian lebih lanjut,” cetus Satya.

Terkait kontrol sistem WFA, Satya menyampaikan tidak perlu khawatir para ASN termasuk PNS tidak melakukan pekerjaannya saat pola kerja WFA nantinya diterapkan. Pasalnya sistem kontrol seperti absensi berbasis online akan diwajibkan bagi mereka yang WFA.

“Kendalinya, plus Location Based Presence/absensi berbasis lokasi secara online,” imbuh dia.

Baca juga: Anies Apresiasi PNS yang Layani Masyarakat saat Libur Lebaran

spot_img

Berita Terkait

Berita Lainnya

Sumbang Satu Emas, Tim...

Jokowi: Ini Buat Tambahan...

Berkas Dea OnlyFans Dilimpahkan...

Gala Dinner Dengan Miyabi...

4 Aplikasi Sadap WhatsApp...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Berita Terkini

spot_img