Harga CPO Gonjang-ganjing, Pasar Tunggu Pencabutan Larangan Ekspor

FORUM Keadilan  – Harga CPO gonjang-ganjing atau naik turun di pasaran serba tidak pasti lantaran kebijakan larangan dari pemerintah.

Kepala Penelitian Pialang Minyak Nabati Sunvin Group Anilkumar Bagani, saat ini pasar sedang menunggu kapan pemerintah mencabut larangan ekspor CPO. Begitu pula menanti kebijakan Kementerian Komoditas Malaysia mengenai pajak ekspor yang lebih rendah.

Karena larangan ekspor CPO di Indonesia menjadi buah manis buat Malaysia yang menjadi pemasok CPO ke India yang merupakan negara importir CPO terbesar dunia. “Apalagi, pemerintah Malaysia bakal memberikan potongan pajak ekspor CPO sebesar, setengah harga pajak normal,” ungkap Anikumar, di Jakarta, Jumat (13/5/2022).

Baca Juga

Baca juga: Waduh, Penyelundup Minyak Goreng Tulis Engsel Pintu di Dokumen Ekspor

Tentu, kata Anilkumar, CPO Malaysia akan makin menarik untuk investor. Solvent Extractors Association of India (SEA) memprediksi ekspor CPO Indonesia ke India akan turun 35 persen pada tahun ini. Karena dalam lima bulan pertama di tahun 2021-2022, India telah membeli 1,47 juta ton CPO Malaysia, dibandingkan dengan CPO Indonesia hanya 982.123.

Namun demikian, persediaan CPO Malaysia ketat karena krisis tenaga kerja asing. Karena untuk memenuhi permintaan atas ekspornya Malaysia kekurangan sebanyak 32.000 tenaga kerja asing. Apalagi produksi Malaysia hanya 40 persen dari produksi CPO Indonesia. Sehingga tidak bisa sepenuhnya menggantikan pasokan Indonesia.

Harga minyak sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO) pada pembukaan perdagangan Jumat (13/5/2022), naik tipis ke level MYR 6.507/ton atau 0,88 persen dari pembukaan pedagangan kemarin, yang berada di level di MYR 6.398/ton. Hal ini mengacu pada data Refinitiv.

Namun secara minggu, harga CPO turun 0,03 persen dan naik 1,75 persen secara bulanan lalu untuk tahunan menguat 50,83 persen.

Penulis: Bisma Rizal

spot_img

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berkas Dea OnlyFans Dilimpahkan...

Gala Dinner Dengan Miyabi...

4 Aplikasi Sadap WhatsApp...

Abipraya Kebut Proyek Bendungan...

Udemy Ungkap Jenis Keahlian...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Berita Terkini

spot_img