Sejarah Hari Laut Sedunia

Ilustrasi Hari Laut Sedunia (World's Oceans Day) | Ist
Ilustrasi Hari Laut Sedunia (World's Oceans Day) | Ist

FORUM KEADILAN – Hari Laut Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 8 Juni, sebuah tradisi yang dimulai pada tahun 1992 ketika Kanada pertama kali mengajukannya pada Earth Summit di Rio de Janeiro, Brasil.

PBB secara resmi mengesahkan hari peringatan ini pada akhir tahun 2008, menggarisbawahi pentingnya laut bagi kehidupan di bumi.

Bacaan Lainnya

Sejarah Hari Laut Sedunia berawal dari Konferensi Bumi di Rio de Janeiro pada tahun 1992 menjadi tonggak awal pengajuan Hari Laut Sedunia.

Pada konferensi tersebut, kebutuhan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya laut dan peran mereka dalam menjaga kehidupan di Bumi menjadi sorotan.

Sepuluh tahun kemudian, pada tahun 2002, PBB mengadakan konferensi tentang Pembangunan Berkelanjutan di Johannesburg, Afrika Selatan, yang menetapkan tanggal 8 Juni sebagai Hari Laut Sedunia.

Pada tahun 2009, Hari Laut Sedunia diakui secara resmi oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa melalui Resolusi Majelis Umum 63/111.

Resolusi ini menekankan pentingnya lautan sebagai bagian integral dari kehidupan manusia dan mengajak semua negara anggota PBB serta organisasi internasional dan masyarakat sipil untuk merayakannya setiap tahun.

Sejak itu, Hari Laut Sedunia telah menjadi perayaan global yang melibatkan berbagai pihak, termasuk pemerintah, lembaga lingkungan, organisasi non-pemerintah, dan individu di seluruh dunia.

Tujuan Hari Laut Sedunia

Hari Laut Sedunia memiliki beberapa tujuan utama yang penting untuk keberlanjutan dan kesehatan laut di seluruh dunia:

1. Meningkatkan Kesadaran

Hari Laut Sedunia memberikan kesempatan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang peran penting lautan dalam menjaga iklim global, kesehatan ekosistem, dan keanekaragaman hayati. Dengan menyebarkan informasi dan pemahaman, diharapkan lebih banyak orang akan terinspirasi untuk terlibat dalam upaya perlindungan laut.

2. Mendorong Aksi Nyata

Lautan menghadapi berbagai tantangan utama, seperti perubahan iklim, overfishing, polusi, dan kerusakan habitat.

Oleh karena itu, perayaan ini juga bertujuan untuk mendorong tindakan konkret dalam perlindungan dan konservasi lautan. Aksi nyata dari individu, komunitas, dan pemerintah sangat diperlukan untuk mengatasi masalah-masalah ini.

3. Mengajak Kolaborasi

Hari Laut Sedunia menjadi ajang untuk berkolaborasi antara negara-negara, lembaga, dan individu. Kerja sama internasional sangat penting dalam melindungi dan mengelola lautan dengan cara yang berkelanjutan.

Kolaborasi ini juga mencakup pembagian pengetahuan dan sumber daya untuk mencapai tujuan bersama dalam konservasi laut.

Menghargai dan Melindungi Laut

Berdasarkan dari worldoceansday.org, Hari Laut Sedunia adalah hari yang didedikasikan untuk menghargai laut-laut yang ada di dunia, serta hasil-hasil yang disediakan oleh samudra.

Lautan tidak hanya menyediakan makanan laut dan kehidupan laut untuk akuarium, tetapi juga jalur pelayaran untuk perdagangan internasional. Polusi global dan konsumsi ikan yang berlebihan telah menyebabkan populasi ikan berkurang drastis.

Oleh karena itu, peringatan ini memberikan kesempatan bagi komunitas dan individu untuk mengambil tindakan dalam menjaga samudra dan kekayaan di dalamnya.

Dengan memahami sejarah dan tujuan Hari Laut Sedunia, kita dapat lebih menghargai peran penting lautan dalam kehidupan kita sehari-hari dan berkontribusi dalam upaya global untuk melindungi dan melestarikan ekosistem laut untuk generasi mendatang.*

Laporan Naila Alatas