Rekomendasi 10 Film tentang Jurnalis, Cocok Ditonton di Hari Pers Nasional

Cuplikan film Collective (2019)
Cuplikan film Collective (2019) | ist

FORUM KEADILANHari Pers Nasional di Indonesia diperingati setiap tanggal 9 Februari.  Tema Hari Pers Nasional 2024, yakni ‘Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Keutuhan Bangsa’, insan Pers diajak untuk berpartisipasi secara positif pada Pemilu 2024.

Profesi jurnalis tak luput dari berbagai risiko yang menyertai setiap pelaksanaan tugasnya. Beragam pengalaman suka duka menjadi bumbu dalam perjalanan karir jurnalis.

Bacaan Lainnya

Apabila ingin mengetahui kisah menarik seorang jurnalis, Anda bisa menyaksikannya di beberapa film tentang jurnalis.

Berikut rekomendasi 10 film tentang jurnalis terbaik yang bisa Anda saksikan. Beberapa di antaranya diadaptasi dari kisah nyata, berikut daftarnya.

1. Collective (2019)

Rekomendasi film tentang jurnalis yang pertama adalah Collective. Film dokumenter asal Rumania ini berkisah tentang skandal kesehatan masyarakat di tahun 2016.

Film ini merekam kisah jurnalis investigasi Rumania yang bekerja di Gazeta Sporturilor, outlet surat kabar Rumania yang mengungkap korupsi dalam sistem perawatan kesehatan publik.

Dirilis pada September 2019, film ini berhasil memperoleh beberapa penghargaan, termasuk European Film Awards dan National Society of Film Critics Awards dan masuk ke dalam nominasi film terbaik pada masanya.

2. The Journalist (2019)

Film yang disutradarai oleh Michihito Fujii ini menceritakan kisah seorang jurnalis muda Erika Yoshioka yang bekerja di Toto Newspaper. The Journalist diadaptasi dari buku yang terbit pada tahun yang sama.

Suatu hari, Erika menerima faks anonim berisi informasi rahasia terkait proyek pemerintah untuk mendirikan universitas baru.

Penyelidikan Erika lantas membawanya ke seorang birokrat pemerintah, Takumi Sugiyama. Keduanya kemudian bekerja sama untuk mengungkap skandal yang berisiko merusak karier mereka.

3. Spotlight (2015)

Salah satu film terbaik tentang jurnalis ini mengisahkan upaya Marty Baron dari The Boston Globe dalam mengungkap kasus pedofilia di lingkungan gereja.

Kasus pelecehan seksual anak ini dilakukan oleh John Geoghan, pastur di gereja Katolik Roma. Hal tersebut membuat banyak pihak menutupinya.

4. Shock and Awe (2017)

Cerita dalam film Shock and Awe terbilang sangat kontroversial. Disutradarai oleh Rob Reiner, film ini berhasil menarik perhatian penonton sejak perilisannya, yaitu September 2017.

Film yang diangkat dari kisah nyata ini mengisahkan sekelompok jurnalis Knight Ridder yang meliput rencana invasi Presiden George W. Bush ke Irak pada 2003.

Meskipun para jurnalis awalnya bertanya-tanya mengenai keputusan presiden kala itu, namun mereka tetap mencari fakta tentang klaim Bush mengenai kepemilikan senjata pemusnah massal milik Saddam Hussein.

5. The Post (2017)

Film arahan sutradara Steven Spielberg ini diadaptasi dari kisah nyata dan sukses pada masanya. Kisahnya berfokus pada perseteruan antara jurnalis dengan pemerintah.

Para wartawan The Washington Post hendak mengungkap rahasia di balik kasus Pentagon Papers yang menjadi bukti kebohongan pemerintah Amerika Serikat (AS) pada rakyat.

6. Dhaka Attack (2017)

Film asal Bangladesh yang disutradarai oleh Dipankar Dipon ini adalah salah satu film terbaik yang berhasil memenangkan penghargaan di 42nd Bangladesh National Film Awards.

Kisahnya menceritakan Polisi Metropolitan Dhaka yang menyelidiki operasi sengit organisasi teroris yang hampir menghancurkan pertahanan negara.

Ketika menggali kasus, ia bertemu dengan jurnalis investigasi kriminal Chaity, yang ternyata memiliki informasi mengenai teroris tersebut.

7. Kill The Messenger (2014)

Film bergenre thriller kriminal Amerika ini berkisah tentang seorang jurnalis Gary Webb yang menyelidiki penyebaran kokain di Amerika Serikat.

Dengan bantuan seorang wanita bernama Coral, akhirnya ia pun berhasil mengumpulkan fakta-fakta terkait keterlibatan pemerintah AS dan CIA dalam jaringan narkoba di beberapa negara bagian.

8. The Shrine (2010)

Rekomendasi film tentang jurnalis berikutnya bergenre horor supranatural asal Kanada, yaitu The Shrine. Film ini mengisahkan reporter pemula, Cindy Sampson, dan dua teman lainnya.

Ketiga jurnalis tersebut mencoba mengungkap kasus seorang backpacker muda Amerika yang hilang di desa terpencil Polandia.

Meskipun tidak berhasil menemukan orang yang mereka cari, mereka justru menemukan fakta lain bahwa desa yang mereka kunjungi itu menyembunyikan banyak kisah mengerikan.

9. The Hunting Party (2007)

Bekerja sebagai jurnalis harus siap melakukan liputan ke daerah apa pun, termasuk lokasi perang. Hal ini yang direkam oleh film The Hunting Party yang dirilis pada 2007.

Dikisahkan, seorang mantan wartawan dari Amerika yang memiliki kepribadian yang unik bernama Simon Hunt (Richard Gere) yang nekat pergi ke lokasi perang di Yugoslavia untuk mencari penjahat perang.

Meski dikenal sebagai wartawan yang sering mengacau, Hunt tetap menjalankan misi gila tersebut bersama sahabatnya, yang merupakan seorang wartawan baru Benjamin Strauss (Jesse Eisenberg).

10. Shattered Glass (2003)

Shaterred Glass mengisahkan seorang jurnalis muda bernama Sthepen Glass (Hayden Christensen) yang menghancurkan kariernya yang gemilang, akibat terbukti mengarang semua berita yang dia tulis.

Film yang diangkat dari kisah nyata ini memberitahukan bahwa kredibilitas seorang jurnalis adalah sebuah keniscayaan. Pembuat berita harus menyampaikan informasi yang sesuai dengan fakta dan mesti rela bekerja keras untuk itu, apa pun konsekuensinya.

Demikian 10 rekomendasi film tentang jurnalis yang bisa Anda tonton di Hari Pers Nasional ini. Selamat menonton.*