Penyebab HP Panas dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi bermain HP
Ilustrasi bermain HP | ist

FORUM KEADILAN – Sebagian besar orang saat ini menggunakan handphone (HP) untuk beraktivitas. Mulai untuk bekerja, sekolah, dan bermain game. Dengan banyaknya aktivitas, maka tak heran jika HP yang sedang digunakan cepat panas.

Namun, hal ini bukan hanya disebabkan karena seringnya menggunakan HP. Kemungkinan ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya. Misalnya, karena terlalu banyak aplikasi yang aktif, perangkat lunak yang tidak berfungsi dan paparan langsung sinar matahari.

Biasanya panas pada HP berasal dari layarnya. Selain itu, penggunaan yang lalai dalam melakukan pengisian daya, seperti kabel charger yang rusak dan HP dimainkan saat charger.

Kondisi ini juga dapat menyebabkan kerusakan pada komponen HP. Oleh sebab itu, Anda harus tahu penyebab HP panas agar dapat mengatasinya. Berikut beberapa cara mengatasinya.

1. Menutup Aplikasi yang Tidak Digunakan

Aplikasi yang tidak digunakan dapat menyebabkan perangkat HP menjadi cepat panas. Oleh karena itu, disarankan untuk menutup aplikasi yang tidak digunakan untuk mencegah hal ini secara efektif.

2. Pastikan untuk Menggunakan Charger-an Asli

Sebagai pengguna HP, mungkin Anda pernah menggunakan charger palsu. Namun, penggunaan charger palsu secara berkelanjutan dapat menyebabkan perangkat HP menjadi panas.

Oleh karena itu, disarankan untuk selalu menggunakan charger HP yang resmi atau asli.

3. Hapus Cache

Anda juga dapat membersihkan cache untuk membantu mengurangi kemungkinan HP menjadi panas.

Jika cache tidak dihapus dengan baik, dapat mengakibatkan perangkat HP tidak berfungsi secara optimal.

4. Jangan Gunakan Saat Melakukan Pengisian Daya

Hindari menggunakan HP saat sedang diisi dayanya karena dapat membuat perangkat cepat panas. Sebaiknya, tunggu hingga baterai HP mencukupi sebelum menggunakannya.

Saat ini, banyak HP sudah dilengkapi dengan fitur Fast Charging, sehingga Anda tidak perlu menunggu lama untuk mengisi daya baterai hingga penuh.*

Laporan Sukma Cempaka