Airlangga Hartarto: Tiga Hikmah di Balik Penanganan Pandemi Covid-19

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. | Humas Sekretariat Kabinet
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. | Humas Sekretariat Kabinet

FORUM KEADILAN – Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto  yang juga  Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) menyampaikan tiga hikmah positif yang dipelajari dari penanganan Pandemi Covid-19 di tahun 2020 lalu.

Hal tersebut disampaikan dalam Rapat Koordinasi Nasional Transisi Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PCPEN) Tahun 2023 di Gedung AA Maramis, Jakarta Pusat, pada Kamis 26/1/2023.

Bacaan Lainnya

Airlangga menyampaikan saat pandemi pemerintah menjadi lebih sering berkoordinasi dalam memutuskan kebijakan-kebijakan terkait pandemi COVID-19.

“Koordinasi pemerintah pusat dan daerah dengan rapat yang hampir seminggu sekali dan kebijakan yang dikalibrasi setiap dua minggu selama tiga tahun,” ujarnya.

Dia juga mengungkapkan selama pandemi pemanfaatan teknologi digital sangat membantu sehingga pelayanan menjadi lebih mudah dilakukan salah satunya melalui aplikasi PeduliLindungi

“Pemanfaatan teknologi digital dalam menghadapi berbagai pembatasan dan mempermudah pelayanan, salah satunya melalui aplikasi PeduliLindungi”

Yang sangat membanggakan, kata dia, adalah dibalik pandemi Indonesia mampu berinovasi lahirnya vaksin Inavac dan IndoVac yang digunakan di dalam negeri.

Keenam, pandemi melahirkan inovasi antara lain vaksin merah putih yang menghasilkan saat sekarang Inavac dan IndoVac yang sekarang dapat digunakan di dalam negeri.

“Tentu ini membuat kemampuan kita menghadapi pandemi-pandemi berikutnya dengan kemampuan penelitian sampai dengan produksi di dalam negeri,” pungkasnya.*

 

Laporan Shifa Audia