Bahaya Kopi bagi Kesehatan Bayi

bayi
Ilustrasi bayi. | Ist

FORUM KEADILAN – Viral seorang video seorang ibu yang dilansir berasal dari Sulawesi Selatan memberikan kopi Instan kepada anaknya yang berusia 7 bulan.  Bagi orang dewasa kopi memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, apa jadinya jika kopi dikonsumsi bayi dan anak-anak ?

Berbagai riset membuktikan manfaat kopi bagi kesehatan, tetapi riset ini dilakukan kepada orang dewasa bukan anak-anak atau bayi. Dalam halaman yang dikutip dari Alodokter menjelaskan efek yang terjadi jika bayi mengkonsumsi kopi, sebagai berikut:

Bacaan Lainnya
  1. Sulit dicerna

Kerja tubuh bayi dan anak-anak tidak sama dengan orang dewasa. Mereka membutuhkan waktu yang lama untuk menyerap kafein yang terkandung dalam kopi.

Untuk orang dewasa kafein bisa diserap tubuh dalam waktu 3-7 jam. Sedangkan pada bayi dibutuhkan waktu 65-130 jam untuk menyerap kafein. Hal ini tidak baik untuk hati dan ginjal bayi yang belum bekerja dengan sempurna.

Bayi yang berusia dibawah 6 bulan hanya memiliki satu-satunya asupan yang diperbolehkan yaitu ASI. Kopi hanya akan membahayakan Kesehatan bayi.

  1. Insomnia

Kandungan kafein dalam kopi membuat bayi dan anak-anak sulit untuk tidur. Kafein menghambat kinerja kimia di otak yang bertugas mengatur waktu tidur. Selain itu kafein mampu meningkatkan hormon adrenalin yang membuat anak atau bayi jadi rewel dan gelisah.

  1. Peningkatan denyut jantung

Bagi orang dewasa kopi membuat melek dan lebih energik. Lain hal nya dengan bayi dan anak-anak. Ketika mereka mengkonsumsi kopi, kafein akan menyebabkan peningkatan frekuensi denyut jantung bakan gangguan irama jantung.

  1. Menghambat penyerapan Kalsium

Bayi dan anak-anak dalam masa pertumbuhan membutuhkan asupan gizi yang seimbang. Salah satu gizi yang diperlukan adalah kalsium. Kopi selain minim gizi juga dapat menyebabkan gangguan penyerapan kalsium yang dapat menghambat pertumbuhannya.

  1. Suasana hati buruk

Mengkonsumsi kafein bisa memperburuk suasana hati dan meningkatkan kecemasan. Kafein tak hanya ditemui di dalam kopi tapi terdapat juga di teh, coklat, es krim dan soda. Jika diberikan untuk anak-anak atau bayi akan membuat mereka menjadi rewel dan gelisah.

Jika anak demam, kejang, atau sedang mengalami keluhan tertentu, hindari memberikan makanan, minuman serta obat-obatan sembarangan. Segera bawa ke dokter untuk segera diberikan penanganan.

 

Laporan Shifa Audia