Delman Boleh Beroperasi di Monas Sabtu-Minggu, Kusir Bakal Dibina Pemprov DKI

Delman
Ilustrasi delman di kawasan Monas. | ist

FORUM KEADILAN – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sementara ini memperbolehkan delman beroperasi di kawasan Monas setiap Sabtu dan Minggu. Selain itu, Pemprov berjanji akan membina para kusir delman di kawasan Monas tersebut.

Pembinaan itu dilakukan guna mempertahankan delman sebagai daya tarik kebudayaan sekaligus pariwisata di kawasan Monas.

Bacaan Lainnya

“Pemprov DKI Jakarta akan melakukan pembinaan dan pengelolaan terhadap para kusir delman di kawasan Monas. Hal ini bertujuan agar daya tarik kebudayaan dan pariwisata delman di Jakarta tetap terjaga,” kata Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana melalui keterangan tertulisnya, Minggu, 22/1/2023.

Iwan bilang, daya tarik wisata delman telah membantu menyediakan lapangan pekerjaan dan penghasilan bagi para kusir. Untuk itu, eksistensi delman di kawasan Monas harus tetap dipertahankan.

Iwan menjelaskan, larangan delman beroperasi di kawasan Monas saat ini masih dalam tahap kajian.

“Delman tetap bisa beroperasi pada hari Sabtu dan Minggu di kawasan Monas, Gambir, Jakarta Pusat, dengan tertib dan terkendali sembari menunggu surat edaran (SE) dilakukan kajian lebih lanjut,” ujar Iwan.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono sebelumnya juga telah mengizinkan delman beroperasi setiap Sabtu dan Minggu di sekitar kawasan Monas. Para kusir diingatkan agar tetap menjaga kebersihan.

Heru menjelaskan, pihaknya menerima banyak keluhan soal bau tak sedap kotoran kuda. Di sisi lain, pihaknya tak bisa semena-mena melarang delman di sekitar Monas setiap hari.

“Saya tidak melarang itu, tetapi kita bersama-sama supaya menjaga. Ada juga kan beberapa hal yang harus kita perhatikan, kesehatan dan juga keselamatan,” ujar Heru beberapa waktu lalu. *