Chris Hipkins Terpilih Jadi PM Selandia Baru Gantikan Jacinda Ardern

Chris Hipkins
PM Selandia Baru terpilih Chris Hipkins. | Instagram @chrishipkinsmp

FORUM KEADILANPartai Buruh yang berkuasa di Selandia Baru memilih mantan menteri dalam penanganan Covid-19 Chris Hipkins pada Minggu, 22/1/2023, untuk menggantikan Jacinda Ardern.

Chris Hipkins yang berusia 44 tahun adalah satu-satunya calon untuk posisi itu dan memberikan konfirmasi pada pertemuan partai pada hari Minggu, yang dikenal sebagai kaukus Partai Buruh, sebagian besar hanya formalitas.

Bacaan Lainnya

Penunjukannya ke posisi puncak menyusul pengunduran diri yang mengejutkan pada hari Kamis oleh Ardern, yang mengatakan dia “tidak punya kekuatan lagi” untuk memimpin negara.

“Ini adalah keistimewaan terbesar dan tanggung jawab terbesar dalam hidup saya,” kata Hipkins pada konferensi pers yang mengumumkan pengangkatannya.

“Saya bersemangat dan bersemangat dengan tantangan yang ada di depan.”

Hipkins segera mengakui kepemimpinan Jacinda Ardern, yang disebutnya sebagai salah satu perdana menteri terhebat di Selandia Baru.

“Dia menyuarakan orang-orang yang sering diabaikan pada saat tantangan dan dengan sengaja melakukan politik secara berbeda,” kata Hipkins.

Hipkins membangun reputasi kompetensi dalam menangani Covid-19 dan menjadi pemecah masalah bagi Jacinda Ardern ketika menteri kabinet lainnya sedang berjuang.

Hipkins menunjuk Carmel Sepuloni sebagai wakil perdana menteri, wakil perdana menteri pertama Selandia Baru yang berasal dari Pasifik.

Sepuloni adalah orang Eropa Samoa, Tonga, dan Selandia Baru dan tinggal di Auckland.

Dia memegang sejumlah proyek, termasuk pengembangan sosial dan ketenagakerjaan dan seni, budaya dan warisan.

Hipkins mengatakan dia telah melihat media fokus pada kehidupan pribadi Jacinda Ardern, dan ingin menjauhkan kedua anaknya yang masih kecil dan keluarganya dari pusat perhatian.

Dia mengatakan setahun yang lalu dia dan istrinya memutuskan untuk hidup terpisah.

“Dia masih sahabatku, tetapi kami telah membuat keputusan itu demi kepentingan terbaik keluarga kami.”

Jajak pendapat lokal menunjukkan Hipkins adalah kandidat potensial paling populer di kalangan pemilih.*