TNI AU Buka Rekrutmen Bintara Prajurit Karier

Prajurit TNI AU
Prajurit TNI AU. | Ist

FORUM KEADILAN – TNI Angkatan Udara membuka rekrutmen bintara prajurit karier gelombang I tahun 2023 yang dimulai pada 15 Januari hingga 28 Februari 2023.

Rekrutmen ini diperuntukkan bagi pria lulusan SMA/MA jurusan IPA dan SMK, serta wanita lulusan SMA/MA, dan SMK.

Bacaan Lainnya

“Lulusan SMA/MA dan SMK berusia paling rendah 17 tahun 9 bulan dan paling tinggi 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan,” begitu informasi rekrutmen yang dikutip dari Instagram TNI Angkatan Udara @militer.udara, Sabtu,  21/1/2023.

Persyaratan lengkapnya meliputi, calon peserta sehat jasmani dan rohani, serta tinggi badan sekurang-kurangnya 163 sentimeter untuk pria dan 157 sentimeter untuk wanita dengan berat badan seimbang atau ideal menurut ketentuan yang berlaku.

Kemudian, calon peserta bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan tidak bertato maupun bekas tato dan tidak ditindik maupun bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan adat.

Selanjutnya, calon peserta tidak memiliki catatan kriminal yang dikeluarkan secara tertulis oleh Polri dan belum pernah menikah dan sanggup tidak selama dalam pendidikan pertama. Bagi yang memiliki keterampilan khusus berbahasa asing yang mencakup, bahasa Rusia, Spanyol, Perancis, Mandarin, dan Inggris, serta prestasi minimal juara tingkat nasional dapat melampirkan sertifikat atau piagam penghargaannya. Berikutnya, mempunyai kartu BPJS/KIS/Kartu Jaminan Kesehatan dan surat keterangan bebas Covid-19 dari rumah sakit setempat serta melampirkan sertifikat vaksin Covid-19. Terakhir, selama proses rekrutmen dipastikan tidak dipungut biaya. Berikut alur pendaftarannya:

Pertama, calon peserta membuat akun di website http://diajurit.tni-au.mil.id/register. Pada tahap ini, calon peserta memasukan nama lengkap, email, tanggal lahir, jenis kelamin, jenjang, dan Pangkalan Angkatan Udara (Lanud) tujuan. Kedua, setelah membuat akun, calon peserta masuk ke http://diajurit.tni-au.mil.id/login_auth. Login menggunakan username dan password yang sudah diverifikasi lewat email.

Ketiga, melengkapi biodata yang mencakup, data pribadi, data pendidikan, data orang tua atau wali, dan data penghargaan.

Keempat, cetak kartu daftar online dan download kartu daftar online dalam bentuk PDF lalu cetak.

Kelima, daftar ulang langsung ke Lanud tujuan dengan membawa persyaratan yang tertera di kartu daftar online.*