6 Jenis Olahraga Ini Bisa Bikin Awet Muda Lho!

Olahraga bersepeda bisa membuat awet muda. | ist
Olahraga bersepeda bisa membuat awet muda. | ist

FORUM KEADILAN – Tubuh awet muda menjadi dambaan hampir setiap orang. Banyak orang berkorban uang untuk menjalani perawatan mahal demi tampil bak remaja.

Padahal, cara agar tetap awet muda adalah menanamkan pola pikir yang positif dan menerapkan pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan sehat, tidur cukup dan teratur serta rutin berolahraga.

Ada beberapa jenis olahraga yang bisa membuat tubuh selalu bugar sehingga tampil awet muda. Berikut FORUM rangkum olahraga yang bisa membuat awet muda, dilansir dari sejumlah sumber:

1. Berenang

Berenang
Olahraga berenang. | ist

Olahraga berenang akan sangat menguntungkan. Selain memberikan kebugaran pada tubuh, olahraga renang bisa membuat Anda tampil awet muda. Berenang secara rutin dapat mencegah penuaan dini.

Dilansir dari Fitmaxipool, berenang adalah olahraga paling ampuh membakar kalori, meningkatkan proses metabolisme, dan menguatkan setiap otot di tubuh.

Sebuah penelitian oleh Joel Stager, Direktur Councilman Center for the Science of Swimming Universitas Indiana, mengungkapkan perenang biasanya memiliki fungsi fisiologis yang membuat mereka 20 tahun lebih muda.

Faktanya, American College of Sports Medication Conference menunjukkan tekanan darah perenang, kadar kolesterol, efisiensi kardiovaskular, sistem simpatis, dan sistem kognitif semuanya setara dengan seseorang yang jauh lebih muda.

2. Bersepeda

Olahraga bersepeda bisa membuat awet muda. | ist
Olahraga bersepeda bisa membuat awet muda. | ist

Bersepeda merupakan olahraga ringan dan bisa membuat seseorang tampak lebih awet muda. Ketika bersepeda, fisik bekerja secara aktif dan hal ini dapat memperlambat penuaan dini, setidaknya pada tingkatan sel.

Bersepeda bisa Anda lakukan di pagi hari atau sore hari. Namun, sangat dianjurkan pada pagi hari sebelum memulai aktivitas lainnya.

3. Squat

Squat
Olahraga Squat. | ist

Squat juga bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan kebugaran tubuh sekaligus membuat wajah tampak awet muda. Dilansir dari Redbookmag, melakukan squat hanya dalam 10 menit sangat efektif membuat wajah lebih awet muda. Pasalnya, latihan ini membuat otot menjadi lebih kencang dan memperkuat tulang.

Squat juga membantu meningkatkan fungsi hormon dan meningkatkan sistem kerja jantung sehingga tubuh selalu terasa bugar.

4. Yoga

Yoga
Olahraga Yoga. | ist

Yoga kini menjadi olahraga yang banyak dipilih orang, tujuan mereka untuk membuat jiwa menjadi lebih tenang. Namun, manfaat yoga lebih dari itu.

Dilansir dari Health, sebuah penelitian telah membuktikan yoga menjadi satu di antara cara terbaik untuk menjaga penampilan terlihat lebih muda.

“Seiring bertambahnya usia, Anda kehilangan massa otot tanpa lemak sebanyak 15 persen per dekade jika Anda tidak aktif,” kata Vonda Wright, ahli bedah ortopedi dan penulis Fitness After 40.

“Tetapi, melakukan yoga dengan beberapa gerakan lainnya secara rutin, setidaknya empat atau lima kali dalam seminggu, membantu mengencangkan kulit dan Anda akan terlihat 20 tahun lebih muda,” imbuhnya.

5. Latihan kardio

Olahraga kardio. | ist
Olahraga kardio. | ist

Melakukan latihan kardio secara rutin tidak hanya membuat tubuh menjadi bugar dan ideal, namun juga bisa memperindah kulit sehingga terlihat lebih muda. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, misalnya menari dan beberapa gerakan ringan lainnya.

Latihan kardio akan membantu jantung memompa lebih banyak darah masuk ke tubuh dan memperlancar aliran sehingga kulit menjadi lebih sehat.

6. Latihan treadmill

Olahraga treadmill. | ist
Olahraga treadmill. | ist

Menurut Bicycling, melakukan latihan treadmill secara rutin akan membuat wajah tampak lebih awet muda. Hal ini dikarenakan setiap organ tubuh yang bergerak secara aktif akan memberikan dampak baik untuk kesehatan tubuh serta memperindah kulit.

Jika Anda tidak memiliki alat khusus untuk treadmill, bisa menggantinya dengan lari pada pagi atau sore hari. Olahraga ringan ini jika dilakukan secara rutin akan membuat tubuh lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Demikian enam olahraga yang bisa membuat tubuh jadi lebih awet muda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. *

banner 468x60